Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Umur Minimal Kambing Bisa Untuk Kurban Adalah: Ketahui Standarnya

Arif Ramdan - Rabu, 29 Mei 2024 - 02:14 WIB

Rabu, 29 Mei 2024 - 02:14 WIB

13 Views

Warga-Gaza-Persiapkan-Hewan-Qurban
Warga Gaza sedang memilih kambing yang akan di kurbankan pada Iedul Adha 1435 Hijriah. foto : mirajnews.com

Kurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam, terutama saat Idul Adha. Diantara hewan yang sering dijadikan kurban adalah kambing. Umur minimal kambing bisa untuk kurban adalah: ketahui standarnya di dalam ulasan tulisan di bawah ini.

Beberapa hadis yang menjelaskan mengenai umur minimal kambing bisa untuk kurban adalah sebagai berikut:

Dari Jabir bin Abdullah, Rasulullah SAW bersabda:  “Janganlah kalian menyembelih kecuali musinnah, kecuali jika kalian kesulitan, maka sembelihlah jadza’ah dari domba.”  (HR. Muslim, no. 1963).

Musinna dalam hadis ini merujuk pada hewan yang telah dewasa. Untuk kambing, musinnah merupakan patokan umur minimal kambing bisa untuk kurban adalah kambing yang telah berusia lebih dari satu tahun. Jadza’ah adalah domba yang berusia kurang lebih setengah tahun, yang dalam keadaan tertentu boleh dijadikan kurban jika sulit menemukan hewan yang berusia lebih tua.

Baca Juga: Kepastian Kehancuran Negara Zionis Israel

Sementara itu, hadis yang berkaitan umur minimal kambing bisa untuk kurban adalah hadit dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya seekor jadza’ah dari domba adalah cukup untuk kurban sebagaimana seekor musinnah dari sapi.”  (HR. Tirmidzi, no. 1500, dan Abu Daud, no. 2795).

Hadis ini menegaskan bahwa dalam situasi tertentu, domba yang berusia kurang dari satu tahun dapat dijadikan kurban, namun ini tidak berlaku untuk kambing. Kambing harus berusia lebih dari satu tahun (musinnah).

Berdasarkan hadis-hadis di atas, jelas bahwa umur minimal kambing bisa untuk kurban adalah yang telah berusia minimal satu tahun (musinnah). Dalam keadaan tertentu, domba yang berusia setengah tahun (jadza’ah) boleh dijadikan kurban, tetapi ini tidak berlaku untuk kambing.

Hadis-hadis ini memberikan panduan yang jelas mengenai syarat usia dan kondisi fisik hewan kurban untuk memastikan bahwa ibadah kurban dilaksanakan sesuai dengan syariat Islam.

Baca Juga: Maulid Nabi dalam Perspektif Rumi dan Interaksionisme Simbolik

Selain umur, ada beberapa kriteria lain yang harus dipenuhi Sahibul Kurban jika ingin menyembelih kambing, berikut beberapa kriterianya:

Sehat dan Tidak Cacat

Selain umur minimal kambing bisa untuk kurban adalah satu tahun penuh, hal yang perlu diperhatikan kambing yang dijadikan kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak memiliki cacat fisik yang bisa mengurangi kualitas daging atau mengindikasikan bahwa hewan tersebut tidak layak dikurbankan. Misalnya, hewan yang buta, pincang, sangat kurus, atau memiliki penyakit parah tidak sah untuk dijadikan kurban.

Cukup Gizi dan Berat Badan

Baca Juga: Setelah 42 Tahun Sabra Shatila, Energi Perlawanan Semakin Kuat

Kambing harus cukup gizi dan memiliki berat badan yang layak untuk dijadikan kurban. Meskipun tidak ada standar berat badan yang baku, kambing yang terlalu kurus tidak dianjurkan karena dagingnya tidak cukup untuk dibagikan, maka patokan umur minimal kambing bisa untuk kurban adalah hal yang minimal bisa dijadikan acuan.

Jenis Kelamin

Kambing jantan dan betina sama-sama bisa dijadikan hewan kurban. Namun, sering kali kambing jantan lebih disukai karena biasanya memiliki lebih banyak daging.

Kondisi Tanduk dan Telinga

Baca Juga: Ini, Sejarah Maulid Nabi dan Daftar Negara Muslim yang Merayakannya

Hewan kurban yang memiliki tanduk yang patah atau telinga yang robek sebagian besar ulama berpendapat bahwa hal tersebut tidak menjadi masalah selama kondisi tersebut tidak mempengaruhi kesehatan keseluruhan hewan tersebut.

Untuk memastikan bahwa umur minimal kambing bisa untuk kurban adalah kambing yang dipilih memenuhi semua kriteria, berikut beberapa rekomendasi dalam persiapan kurban:

Memilih Peternak Terpercaya

Beli kambing dari peternak yang terpercaya dan dikenal menjaga kesehatan hewan dengan baik. Peternak yang baik biasanya akan memberikan informasi yang jelas umur minimal kambing bisa untuk kurban adalah telah berusia atas satu tahun termasuk kondisi kesehatan kurban/">kambing kurban.

Baca Juga: Rabi’ul Awwal sebagai Bulan Maulid Nabi

Pemeriksaan Kesehatan

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara langsung atau dengan bantuan dokter hewan untuk memastikan bahwa kambing dalam kondisi sehat dan layak untuk dikurbankan.

Perhatikan Perawatan Sebelum Kurban

Pastikan kambing mendapatkan perawatan yang baik sebelum waktu kurban tiba. Pemberian pakan yang cukup dan berkualitas serta lingkungan yang bersih akan membantu menjaga kesehatan kambing.

Baca Juga: Lima Cara Membangun Keluarga Islami yang Dirindukan Surga

Mengetahui umur minimal kambing untuk kurban dan standar yang harus dipenuhi sangat penting untuk memastikan ibadah kurban yang sah dan sesuai dengan syariat Islam. Kambing harus berusia minimal satu tahun, sehat, tidak cacat, dan cukup gizi untuk layak dijadikan hewan kurban.

Memilih kambing dari peternak terpercaya dan memastikan perawatan yang baik sebelum kurban juga merupakan langkah penting yang harus diperhatikan.

Maka, pastikanlah hewan kurban anda adalah kambing yang telah memenuhi umur minimal kambing bisa untuk kurban sesuai dengan ketentuan hadits di atas.

Dengan demikian, ibadah anda kurban dapat terlaksana dengan baik sesuai sunnah dan memberikan manfaat maksimal bagi penerimanya. []

Baca Juga: Parenting ala Orangtua Palestina

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Lima Ciri Orang yang Diinginkan Kebaikan oleh Allah

Rekomendasi untuk Anda

MINA Millenia
Indonesia
Internasional
Palestina
Dunia Islam
Palestina