UNESCO Kecam Pembunuhan Jurnalis Slovakia

World Bulletin

Bratislava, MINA – Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa () mengutuk pembunuhan, Jan Kuciak,  seorang jurnalis yang sedang menyelidiki skandal korupsi di .

Audrey Azoulay, Direktur Jenderal UNESCO, mendesak pihak berwenang Slovakia untuk menyelidiki pembunuhan Jan Kuciak dan pacarnya yang ditembak mati pada Ahad di rumah mereka di kota Velka Maca di barat daya, dekat Ibu Kota Bratislava.

“Saya mengutuk pembunuhan Jan Kuciak,” kata Azoulay dalam sebuah pernyataan, Rabu (28/2), seperti dilansir World Bulletin.

“Wartawan memiliki hak untuk menjalankan misi mereka untuk menginormasikan tanpa takut akan keselamatan kehidupan mereka. Saya meminta pihak berwenang untuk menyelidiki kasus ini dengan seksama dan membawa pelaku kejahatan ini ke pengadilan,” tambahnya.

Kepala polisi Slovakia Tibor Gaspar mengatakan pada Senin kemungkinan pembunuhan tersebut “ada kaitannya dengan kegiatan investigasi Kuciak,” menambahkan rencana pembunuhan telah direncanakan sebelumnya.

Menurut media Slovakia, Kuciak, 27, seorang karyawan situs berita aktuality.sk, telah menyelidiki penghindaran pajak.

Pembunuhan Kuciak adalah pembunuhan pertama seorang jurnalis di Slovakia sejak negara tersebut menjadi anggota Uni Eropa pada 2004, kata UNESCO. (T/R11/RS2)

Miraj News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.