UNI EROPA TAK AKAN KIRIM TIM PANTAU PEMILU MESIR

Kairo, 20 Rajab 1435/19 Mei 2014 (MINA)- mengumumkan tidak akan mengirimkan pengamat untuk pemilu presiden yang diadakan 26-27 Mei di Mesir karena kurangnya jaminan yang untuk dapat melindungi tugas mereka.

Menurut seorang juru bicara Uni Eropa, persyaratan untuk kebutuhan delegasi belum dipenuhi. Oleh karena itu, tidak memungkinkan mengirim pengamat dalam waktu yang tepat, media pemantau Timteng, Middle East Monitor (MEMO) yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan, Senin.

“Sayangnya, karena alasan administrasi, meskipun kita mengupayakan yang terbaik dan melakukan permintaan ulang,  tapi hal ini membuktikan ketidakmungkinan setelah mereka tidak mampu menyediakan peralatan telekomunikasi dan peralatan medis untuk keamanan dan keselamatan pengamat,” kata pejabat Uni Eropa, seperti dikutip Reuters.

Bagaimanapun, Uni Eropa akan memiliki “tim penilai pemilu” di Kairo,  meski perannya terbatas dan tidak akan mampu memantau pemilu kecuali di ibukota Mesir, tambahnya.

Demikian juga halnya dengan Yayasan Carter (milik mantan Presiden AS Jimmy Carter), mengumumkan tidak akan mengirim pengamat, tapi hanya mengirim “tim ahli” untuk menilai keseluruhan proses pemilu. Dalam sebuah pernyataan pada Jumat (16/5) lalu,  yayasan ini   memperingatkan “transisi politik di Mesir telah berhenti dan berada di tebing pengembalian ke era terdahulu.”

Pusat Carter menyatakan keprihatinannya “mengenai konteks politik dan hukum ketat yang dalam proses  , serta kurang ‘sehatnya’ daerah kampanye,” di Mesir.

Yayasan ini menyerukan dakhiriinya tindakan-tindakan keras Pemerintah sementara Mesir terhadap demonstran pendukung presiden terguling Muhamad Mursi yang sejak  penggulingannya, 3 Juli 2013, melakukan protes hingga hari ini menuntut kembalinya  Mursi sebagai presiden sah Mesir.(T/Nidiya/P03/IR)

Mi’raj Isamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: Admin

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0