UNICEF: 200.000 Anak-Anak Rohingya Membutuhkan Dukungan

Cox’s Bazar, , MINA – Lebih dari 200.000 anak-anak Rohingya, yang telah melarikan diri bersama keluarganya ke Bangladesh dari Myanmar, berisiko dan memerlukan dukungan mendesak, mengatakan.

“Ini adalah yang terus berlanjut dan anak-anak berada di jantung krisis ini,” Jean Lieby, kepala Perlindungan Anak UNICEF Bangladesh, mengatakan dalam sebuah konferensi pers di Cox’s Bazar Bangladesh di dekat perbatasan Myanmar, Worldbulletin melaporkan dikutip MINA, Kamis (14/9).

Menurut data awal, Lieby mengatakan, 60 persen pengungsi adalah anak-anak.

“Hal pertama yang Anda lihat di kamp Rohingya yang berbeda ini adalah banyaknya anak-anak. Anda melihat anak-anak yang belum tidur berhari-hari, mereka lemah dan lapar, “katanya.

Dia mengatakan bahwa UNICEF percaya bahwa 200.000 anak-anak Rohingya memerlukan dukungan segera.

Pejabat UNICEF juga mengungkapkan keprihatinan mendalam anak-anak yang terpisah. “Kami telah mengidentifikasi 1.128 anak yang terpisah. Namun, kami berharap jumlah ini meningkat dalam beberapa hari mendatang “.

“Seiring berkembangnya kamp setiap hari kita perlu menyediakan air minum yang aman dan sanitasi dasar. Kami ingin mencegah timbulnya penyakit , “tambahnya.

Menurut PBB, Sejak 25 Agustus, lebih dari 370.000 orang Rohingya telah menyeberang dari negara bagian Myanmar, Rakhine ke Bangladesh.

Para pengungsi tersebut melarikan diri dari operasi keamanan baru di mana pasukan keamanan dan gerombolan Buddha membunuh pria, wanita dan anak-anak, menjarah rumah dan membakar desa Rohingya. Sekitar 3.000 Rohingya tewas dalam tindakan keras tersebut.

Turki telah berada di garis depan untuk memberikan bantuan kepada pengungsi Rohingya dan Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa dia akan mengangkat isu tersebut di PBB.

Rohingya, yang digambarkan oleh PBB sebagai orang-orang yang paling teraniaya di dunia, telah menghadapi ketakutan yang meningkat atas serangan tersebut sejak puluhan orang terbunuh dalam kekerasan komunal pada tahun 2012.

Oktober lalu, setelah serangan terhadap pos-pos perbatasan di distrik Maungdaw Rakhine, pasukan keamanan melancarkan tindakan keras selama lima bulan di mana, menurut kelompok Rohingya, sekitar 400 orang terbunuh.

PBB mendokumentasikan perkosaan massal, pembunuhan – termasuk bayi dan anak kecil – pemukulan brutal dan penghilangan yang dilakukan oleh petugas keamanan. Dalam sebuah laporan, penyidik ​​PBB mengatakan bahwa pelanggaran tersebut mungkin merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan. (T/R13/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.