UNICEF Beri Bantuan kepada Ribuan Pengungsi Yaman di Marib

Marib, Yaman, MINA – Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa () pada Ahad (28/11) mengatakan telah memberikan bantuan kemanusiaan kepada ribuan di provinsi Marib tengah.

“Di Marib, keluarga pengungsi terus berpindah dari satu kamp ke kamp lain mencari keselamatan dan bantuan kemanusiaan,” kata UNICEF dalam sebuah pernyataan, Anadolu melaporkan.

Badan PBB mengatakan pihaknya mendukung sekitar 7.600 orang di salah satu kamp baru untuk pengungsi Yaman.

“UNICEF menyediakan 113.000 meter kubik air bersih setiap hari,” katanya, menambahkan bahwa mereka mendistribusikan 1.330 perlengkapan kebersihan, memasang 78 jamban sementara dan 13 titik distribusi air untuk akses air yang mudah.

Pemerintah Yaman mengatakan eskalasi militer di Marib menyebabkan perpindahan hampir 100.000 orang sejak September 2021.

Sejak Februari, militan Houthi yang bersekutu dengan Iran telah meningkatkan serangan untuk menguasai provinsi Marib yang kaya minyak, salah satu benteng paling penting dari pemerintah yang sah dan rumah bagi markas besar Kementerian Pertahanan Yaman.

Yaman telah dilanda kekerasan dan ketidakstabilan keamanan sejak 2014, ketika Houthi menguasai sebagian besar negara itu, termasuk ibu kota Sanaa.

Krisis Yaman menjadi salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia, dengan 233.000 orang tewas, hampir 80% atau sekitar 30 juta membutuhkan bantuan dan perlindungan kemanusiaan, serta lebih dari 13 juta dalam bahaya kelaparan, menurut perkiraan PBB. (T/R7/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.