UPZ Tebing Tinggi Barat Salurkan Zakat Konsumtif

Tebing Tinggi Barat, 28 Ramadhan 1437/3 Juli 2016 (MINA) – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kepulauan Meranti telah menyalurkan Zakat senilai Rp 60 Juta dari para Muzakki. Dari jumlah itu, UPZ menyalurkannya kepada 265 Mustahiq (penerima zakat) di kecamatan ini.

Ketua UPZ Baznas Kecamatan Tebingtinggi Barat, Zamzuri mengatakan, tahun ini merupakan tahun keempat pihaknya menyalurkan zakat konsumtif bagi warga kurang mampu. Dia berharap jumlah muzakki atau pembayar zakat bisa terus meningkat.

“Kami menargetkan (muzakki) tidak hanya berasal dari kalangan PNS saja, tapi juga masyarakat lainnya secara luas yang wajib membayar zakat fitrah dan zakat maal,” ucapnya, saat acara pembagian zakat konsumtif di Masjid Ar-Rahman Desa Alai, Jum’at (1/7), demikian keterangan pers Info Publik.

Pada tahun ini, jelas Zamzuri, zakat konsumtif yang berhasil dikumpulkan UPZ Tebingtinggi Barat berjumlah Rp 60 juta. Jumlah itu menurun sekitar 15 persen dibandingkan tahun lalu.

“Dari dana zakat konsumtif yang terkumpul, kami dapat menyalurkannya kepada 265 Mustahiq, meskipun nilai zakat yang dibagikan menurun 15 persen dari tahun lalu. Semoga masyarakat kurang mampu dapat sedikit terbantu memenuhi kebutuhan dalam menghadapi hari raya,” ujarnya.

Zamzuri yang juga Kepala SMK Negeri 1 Tebing Tinggi ini mengajak masyarakat untuk menjaga kekompakan dan mendoakan para pemberi zakat agar makin dipermudah rezeki mereka untuk menunaikan kewajiban membayar zakat.

Belakangan ini, ungkapnya, ekonomi masyarakat memang terasa sulit, makanya jumlah zakat yang berhasil dikumpulkan juga berkurang dari tahun sebelumnya.

“Semoga Pemerintah Daerah terus fokus mengupayakan peningkatan ekonomi masyarakat. Mari kita doakan para pemimpin di daerah kita agar dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya,” ajak Zamzuri.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim, yang turut hadir menyerahkan zakat mengatakan, adanya pengumpulan zakat konsumtif diharapkan dapat membantu para fakir miskin, sekaligus mendorong masyarakat yang mampu untuk taat membayar zakat.

“Baik itu zakat fitrah maupun zakat maal, sehingga setiap tahunnya masyarakat yang benar-benarl tidak mampu bisa sama-sama merasakan kesenangan dan kemeriahan menyambut hari raya idul fitri,” kata Wakil Bupati.

Turut juga hadir pada acara tersebut, Ketua Baznas Kabupaten Kepulauan Meranti, Tengku Akhrial, Kabag Kesra Setdakab, Rosdaner dan Kepala Bidang Sosial pada Dinsosnakertrans, Mahadi. (T/R05/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)