Urai Salam, Ph.D Laksanakan Program PDS

Cileungsi, Kabupaten Bogor, MINA – Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, ., Ph.D, melaksanakan program Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) yang telah berlangsung selama tiga tahun.

Program itu diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa sebagai calon guru dan memberikan pengalaman bagi dosen dalam perkuliahan.

“Saya sudah mulai sejak tahun 2017 terlibat di dalam program PDS. Tahun pertama terkait revitalisasi kurikulum universitas, kemudian tahun kedua kami turun ke sekolah dan tahun ketiga yaitu saat ini, kami mengambil pengalaman di sekolah, lalu diterapkan di kampus,” ujar Salam saat ditemui MINA di Gedung H.Muhyiddin Hamidy, Shuffah Al-Fatah, Cileungsi, Bogor, Ahad (6/10).

Ia mengatakan, mata kuliah yang diambil pada projek PDS di prodi Pendidikan Bahasa Inggris adalah ELT Multimedia untuk mahasiswa semester 3. Capaian lulusan utama dari mata kuliah ini adalah bahwa mahasiswa dapat membuat aplikasi sederhana untuk pembelajaran Bahasa Inggris.

“Di situ saya melaksanakan apa yang disebut dengan SCL (Student Center Learning), mengajar itu harus melibatkan mahasiswa, jangan mengajar tapi mereka hanya mendengar. Karena proses pendidikan yang efektif itu adalah melibatkan yang kita ajar,” katanya.

Urai Salam menjelaskan, yang ditekankan dari PDS itu adalah harus bisa membuat model pembelajaran dengan SCL tersebut. Maka menurutnya, strategi mengajar yang dominan adalah dengan menggunakan Project Base Teaching dan Cooperative Learning.

“Saya mengajar mata kuliah ELT Multimedia (English Language Teaching Multimedia). Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa untuk membuat software sederhana. Jadi saya mengajar mahasiswa untuk membuat aplikasi sederhana sebagai media pembelajaran. Mereka sebagai mahasiswa Bahasa Inggris dapat menggunakan media pembelajaran sebagai calon guru,” jelasnya.

Salah seorang mahasiswanya, Rifka Darmayati mengatakan, mata kuliah yang diampu oleh Dosen Urai Salam sangat membantunya sebagai mahasiswa yang nantinya akan menjadi guru.

“Menurut saya, mata kuliah ini sangat membantu saya sebagai mahasiswa yang nantinya akan menjadi guru untuk lebih melek teknologi. Jjadi cara pengajaran saya tidak selalu konvensional, bisa jadi bervariasi dengan mata kuliah multimedia ini,” ujar Rifka.

Urai Salam menuturkan bahwa Dekan FKIP Universitas Tanjungpura Dr. Martono menyambut baik program PDS ini sebagai program peningkatan kapasitas dosen dan guru dalam penerapan teknologi pembelajaran,

Tujuannya, untuk penguatan metode pembelajaran dengan pendekatan teknologi menyongsong revolusi industri 4.0. Juga akan meningkatkan kerjasama dengan sekolah mitra dan profesionalisme dosen-dosen yang akan mengajar para calon guru. (L/Ais/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.