Imam Yakhsyallah: Urgennya Olahraga Menurut Islam

Bogor, MINA – Imaam Muslimin, Yakhsyallah Mansur mengatakan, setidaknya ada tiga urgensi menurut , yakni yang pertama adalah pertahanan diri (self defense), pertahanan diri paling sederhana adalah lari.

“Ini merupakan syariat Islam, sebab tujuan dari syariat Islam merupakan untuk mempertahanankan diri. Olahraga membuat fisik seorang Muslim menjadi kuat,” kata Imaam saat sambutan kegiatan ‘Piala STAI Al-Fatah Cup 2023, Lomba Futsal antar SMA/sederajat, di Cileungsi, Bogor, Sabtu (7/1).

Kedua, mempertahankan Agama dan bangsa adalah modal utama, hanya orang sehat yang bisa melawan. Untuk itu sehat perlu olahraga sebagai media persiapan untuk berjihad di jalan Allah.

Imaam mengatakan, perang bukan hanya adu strategi, tetapi juga butuh kelihaian menggunakan senjata, kelincahan berkuda, dan penguasaan panah. Ini semua hanya bisa ditempuh melalui berolahraga.

“Yang ketiga menjaga kesehatan, fisik yang sehat adalah anugerah Allah. Karena itu harus tetap dijaga sebagai bentuk syukur. Ada banyak cara menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat, seperti asupan gizi dan nutrisi yang cukup,” imbuhnya.

Selain itu kata Imaam, olahraga adalah cara yang bagus, sebab dengan berolahraga maka aliran darah lancar dan metabolisme tubuh menjadi seimbang.

“Semoga dengan diadakan pertandingan Cup 2023, Lomba Futsal menjadi nilai pahala sisi Allah, saya pesan agar selalu menjaga kejujuran dan sportivitas dalam pertandingan, kalah dan menang merupakan hal yang biasa terjadi bukan menjadi ukuran,” katanya. (L/R4/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.