Usai Gagal di Piala Sudirman, Indonesia Fokus ke Kejuaraan Dunia

Tim piala Sudirman 2019 Indonesia (dok:PBSI)

Nanning, MINA – Tim Indonesia gagal membawa pulang Piala Sudirman 2019. Di laga semifinal Indonesia dilibas Jepang dengan skor 1-3. Dengan kekalahan tersebut, tim Indonesia harus puas dengan raihan perunggu.

Capaian tersebut lebih baik dari hasil dua tahun silam di Piala Sudirman 2017 yang berlangsung di Gold Coast, Australia. Kala itu Indonesia tak lolos ke perempat final setelah di penyisihan kalah agregat dengan Denmark dan India.

Dengan berakhirnya gelaran Piala Sudirman 2019, tim Indonesia akan fokus ke sejumlah turnamen penting selanjutnya yaitu Blibli Indonesia Open 2019 dan Kejuaraan Dunia 2019 yang akan berlangsung di Basel, Swiss serta Australia Open 2019.

Piala Sudirman 2019 diraih tim tuan rumah Tiongkok setelah di final mengalahkan Jepang dengan skor 3-0 dan ini menjadi gelar ke-11 bagi negara tirai bambu tersebut.

Sejak Piala Sudirman digelar sejak 1989, hanya tiga negara yang pernah mengangkat trofi bergengsi beregu campuran ini, yaitu, China, Korea Selatan, dan Indonesia.

China menorehkan rekor sebagai pengoleksi trofi terbanyak 11, diikuti Korea Selatan dan Indonesia. Tahun lalu, trofi ini menjadi milik Korea Selatan.

Indonesia sebagai inisiator Piala Sudirman sangat berharap tahun ini bisa memboyongnya yang sudah 30 tahun melanglang buana. Sayang, ambisi itu digagalkan Jepang di semifinal. (T/Sj/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)