Ustaz Abdul Somad Jadi Duta Zakat Indonesia

Tangerang, MINA – Badan Amil Zakat Nasional () telah menetapkan () menjadi Duta Zakat Indonesia. Hal itu berlangsung pada acara tabligh akbar dan pemberian santunan BAZNAS untuk 10 pesantren tahfiz dan yayasan yatim dan dhuafa.

“Alhamdulillah, Ustaz Abdul Somad bersedia menjadi Duta Zakat Indonesia. Semoga nama besar dan karisma beliau semakin menggelorakan spirit Kebangkitan Zakat di negeri ini,” ujar Wakil Ketua BAZNAS, Zainulbahar Noor  di Masjid Baitussalam, Tangerang Selatan, Rabu (11/7).

Pengukuhan UAS sebagai Duta Zakat Indonesia dilakukan secara seremonial dengan memasangkan kain selempang oleh Wakil Ketua BAZNAS, Zainulbahar Noor kepada ustaz lulusan S1 Universitas Al-Azhar Mesir dan S2 di Moroko itu.

Zainul mengatakan, dai kondang yang menjadi aset bangsa itu dinilai memiliki magnet yang sangat besar dalam dunia dakwah.

“Kami berharap dengan menjadi Duta Zakat Indonesia yang mengajak masyarakat Indonesia menyalurkan zakat melalui lembaga resmi akan semakin mengoptimalkan gerakan zakat dan membumikan moto ‘kuat karena zakat’. Sehingga zakat dapat menjadi lifestyle di masyarakat,” ujar Zainul.

Sementara itu, saat  menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan BAZNAS sebagai duta Zakat Indonesia sebelum memulai tabligh akbar, UAS menyerukan, “Mari berzakat ke BAZNAS. Jangan sampai kita makan harta haram karena di dalamnya ada hak fakir miskin dan asnaf lainnya.”

UAS pernah menjadi anggota BAZNAS Provinsi Riau (2009-2014); anggota MUI Provinsi Riau (2009-2014); dan Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau (2009-2014).

Ustaz Abdul Somad menyelesaikan pendidikan dasar di SD Al-Washliyah pada 1990 dan Madrasah Tsnawiyah (MTs) Mu’allimin Al-Washliyah (1993) di Medan, Sumatera Utara. Kemudian, Madrasah Aliyah (MA) Nurul Falah, Air Molek, Indragiri Hulu (Inhu), Riau (1996). Ia melanjutkan kuliah S1 di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir; dan S2 Dar Al-Hadits Al-Hassania Institute, Maroko.

Selain UAS, BAZNAS pernah mengangkat pendiri ESQ Ary Ginanjar dan mantan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Anggito Abimanyu sebagai Duta BAZNAS. BAZNAS juga mengusung selebritas yang telah hijrah dan berhijab, Peggy Melati Sukma sebagai Duta BAZNAS untuk SDGs, program pembangunan berkelanjutan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).(L/R04/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA) 

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.