Utusan PBB Untuk Yaman Upayakan Dukungan untuk Perdamaian

Teheran, MINA – Utusan PBB untuk Yaman, Hans Grundberg mengunjungi Iran untuk menggalang dukungan bagi dorongan diplomatik mewujudkan perdamaian di Yaman dan memperbarui gencatan senjata yang ditengahi PBB.

Kantor Utusan PBB mengatakan di Twitter, Grundberg bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian dan pejabat Iran lainnya, membahas negosiasi perdamaian di Yaman, untuk mengakhiri perang delapan tahun negara itu. Arab News melaporkan, Selasa (14/3/2023).

“Diskusi membahas perlunya dukungan regional untuk memulai proses politik di bawah naungan PBB, untuk mengakhiri konflik,” ujarnya.

Dalam pertemuan, Grundberg menekankan pentingnya mengakhiri konflik di Yaman untuk meningkatkan keamanan regional.

Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan, dukungan negaranya untuk gencatan senjata yang dipimpin PBB untuk membangun perdamaian di Yaman, dan mengakhiri blokade tidak manusiawi Yaman.

Baca Juga:  Lebanon Luncurkan 40 Rudal ke Wilayah Pendudukan Israel

Iran mendukung setiap negosiasi yang akan membantu membangun perdamaian dan stabilitas di Yaman.

Kunjungan Grundberg ke Teheran bertepatan dengan indikasi pertukaran tahanan yang ditengahi PBB antara pemerintah Yaman dan Houthi di Swiss.

Pejabat pemerintah Yaman mengatakan, Iran adalah satu-satunya negara yang memiliki pengaruh signifikan terhadap Houthi.

Kunjungan berlangsung setelah adanya perjanjian perdamaian Iran dan Arab Saudi, yang membuka peluang penyelesaian proses perdamaian Yaman yang tertunda. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)