Utut Adianto Resmi Jadi Wakil Ketua DPR RI

Utut Adianto resmi dilantik menjadi wakil ketua . (Foto: Isitimewa)

Jakarta, MINA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Utut Adianto resmi dilantik menjadi Wakil Ketua DPR RI.

Pelantikan itu berlangsung di Ruang Sidang Paripurna, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (20/3). Sebelum memangku jabatannya, Utut diwajibkan mengucapkan sumpah janji menurut Agama Islam yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung RI Hatta Ali.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” kata Utut.

Dalam sumpah jabatannya, Utut memiliki kewajiban dan  bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dari pada kepentingan pribadi, seseorang dan golongan.

“Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional,” ucapnya.

Pengucapan sumpah dibawah kitab suci Al-Quran disaksikan oleh unsur Pimpinan DPR RI dan para Anggota DPR dalam Sidang Paripurna. Sumpah yang diucapkan Utut mengandung tanggung jawab untuk memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan Udang-Undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Sumpah ini adalah janji terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran.

Penetapan Wakil Ketua DPR RI ini sesuai dengan disetujuinya Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3).

Dengan sahnya Utut menjadi Wakil Ketua DPR, komposisi pimpinan DPR di sisa masa jabatan 2014-2019 yakni Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR, serta lima orang wakil ketua DPR yakni Agus Hermanto (Korinbang), Fadli Zon (Korpolkam), Fahri Hamzah (Korkesra), Taufik Kurniawan (Korekku), dan Utut Adianto. (R/R10/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.