Uzbekistan Jadi Tempat Pertemuan Dewan Menlu OKI ke-43

Tashkent, Uzbekistan, 27 Dzulhijjah 1437/29 September 2016 (MINA) –  Pertemuan ke-43 Dewan Menteri Luar Negeri () (PTM ke-43 OKI) akan diselenggarakan di Tashkent, Uzbekistan, pada 18 dan 19 Oktober 2016.

“Pertemuan tersebut akan dihadiri oleh 57 negara anggota OKI,” ujar Maha Akeel Direktur Departeman Media dan Informasi OKI kepada Arab News dan dilansir Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pertemuan itu nantinya bertemakan ‘Pendidikan dan Pencerahan – Jalan Menuju Perdamaian dan Kreativitas’, dan akan membahas berbagai isu yang sedang hangat termasuk soal aksi-aksi kotor yang diterima oleh umat Islam.

Dia menambahkan, pertemuan itu akan membahas isu Palestina, konflik Arab-Israel, Suriah, Yaman, Libya, Kashmir dan komunitas Muslim di Myanmar, Filipina dan Thailand. Isu terorisme juga diharapkan akan dibahas dalam pertemuan tersebut. “Ini adalah masalah dan perlu ditangani.”

Sementara itu Duta Besar Uzbekistan Untuk Arab Saudi Alisher Kadirov mengatakan, negaranya sudah siap untuk menghadapi acara besar tersebut. “Diharapkan berbagai macam resolusi soal dunia Islam seperti yang ada pada Deklarasi Tashkent akan diangkat selama sesi pertemuan itu.”

“Pentingnya perdamaian dan keamanan, kebutuhan untuk solidaritas intra-OKI, persatuan dan kerjasama ekonomi, dan kebutuhan untuk memerangi ekstremisme dan terorisme juga diharapkan akan dibahas,” kata Kadirov. (T/M09/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.