Wagub Ariza Tinjau Kesiapan Lahan Pemakaman Baru untuk Jenazah COVID-19

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria melakukan peninjauan ke TPU Rorotan, Jakarta Utara, pada Rabu (27/1). (Foto :PPID Jakarta)

Jakarta, MINA – Guna memastikan sejumlah lahan TPU untuk menampung pemakaman baru dengan protokol COVID-19, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria melakukan peninjauan ke TPU Rorotan, Jakarta Utara, pada Rabu (27/1).

“Saya sengaja datang ke tempat (lahan) pemakaman COVID-19 di Rorotan. Kita ketahui memang dalam beberapa pekan ini ada peningkatan kasus aktif. Alhamdulillah angka kematian terus menurun, 1,6%. Namun demikian kami juga terus menyiapkan lahan pemakaman,” ujar Ariza.

“Di (TPU) Rorotan, kami memiliki 25 Ha luas lahan untuk pemakaman, dan sebanyak 8.000 meter sudah siap dengan kapasitas 1.500 petak makam. Insya Allah minggu depan sudah bisa difungsikan. Sekarang dalam proses penyiapan (lahan) dan akses jalan menuju tempat pemakaman,” jelas Ariza.

Sementara itu, terdapat beberapa Lahan TPU baru lainnya dengan jumlah total kapasitas sebanyak 17.900 petak. Lahan-lahan tersebut tengah disiapkan dan ditingkatkan kapasitasnya untuk menampung Pemakaman Baru dengan protokol COVID-19 di Jakarta.

Ia berharap, angka kematian akibat COVID-19 dapat terus menurun, serta wabah COVID-19 dapat dikendalikan dan ditangani dengan baik oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Kita terus berupaya agar ke depan tempat-tempat pemakaman ini tidak diisi lagi oleh korban COVID. Tentu dengan harapan dukungan dari masyarakat, mari kita terus laksanakan protokol COVID dengan baik, 3M, hidup sehat, teratur, bersih, disinfektan selalu dilakukan di rumah, dibersihkan. Jangan lupa hand sanitizer, berolahraga, berjemur, kemudian makan yang bergizi, (konsumsi) herbal, dan sebagainya,” ujar Ariza.

Menurutnya, penanganan pandemi COVID-19 di Jakarta sudah dilakukan dengan baik, dan terus dilakukan berbagai upaya peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan terus meningkatnya angka kesembuhan.

“Dengan kebijakan PSBB 26 Januari – 8 Februari kita harapkan ada penurunan kasus. Semua berpulang pada kita warga Jakarta untuk berdisiplin. Kita terus berjuang bersama memastikan kesehatan kita, keluarga dan seluruh masyarakat. (Semoga) Jakarta segera terbebas dari penyebaran COVID-19,” katanya. (R/R7/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)