Wahai Remaja Muslimah, Demi Kehormatanmu, Tutuplah Auratmu

Oleh : Ali Farkhan Tsani, Redaktur Senior Miโ€™raj Islamic News Agency (MINA), Daโ€™i Pondok Pesantren Al-Fatah Cileungsi, Bogor, Jabar

Ini merupakan risalah kasih, tulisan cinta, surat kebaikan, dari orang tua kepada puteri-puterinya yang telah mulai menginjak usia remaja Muslimah.

Wahai ramaja puteri orang-orang beriman,โ€ฆ..

Ingatlah akan firman Allah yang terdapat di dalam Surat Al-Ahzab ayat 59 :

ูŠูŽุงุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ู‚ูู„ู’ ู„ูุฃูŽุฒู’ูˆูŽุงุฌููƒูŽ ูˆูŽุจูŽู†ูŽุงุชููƒูŽ ูˆูŽู†ูุณูŽุงุกู ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู†ูŽ ูŠูุฏู’ู†ููŠู†ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู†ู‘ูŽ ู…ูู†ู’ ุฌูŽู„ูŽุงุจููŠุจูู‡ูู†ู‘ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุฃูŽุฏู’ู†ูŽู‰ ุฃูŽู†ู’ ูŠูุนู’ุฑูŽูู’ู†ูŽ ููŽู„ูŽุง ูŠูุคู’ุฐูŽูŠู’ู†ูŽ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุบูŽูููˆุฑู‹ุง ุฑูŽุญููŠู…ู‹ุง

Artinya : โ€œHai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: โ€œHendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh merekaโ€. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.โ€ (Q.S. Al-Ahzab [33]: 59).

Adapun maksud ayat ini adalah seperti dijelaskan oleh Imam At-Thabari bahwa wanita yang beragama Islam atau Muslimah janganlah menyerupai wanita-wanita lain dalam cara berpakaiannya yaitu dengan membiarkan rambut dan wajah terbuka, melainkan semua itu dengan jilbab.

Imam Ibnu Katsir menagaskan bahwa melalui ayat ini, Allah Subhanahu Wa Ta’ala menyampaikan kepada Nabi-Nya agar memerintahkan kepada semua wanita muslimah supaya menjaga mereka, dan agar mereka berbeda dengan cara berpakaiannya wanita jahiliyyah, yaitu hendaklah wanita muslimat menggunakan jilbab.

Disebutkan di dalam sebuah hadits bahwa pernah suatu ketika Asmaโ€™ puterinya Abu Bakar, saat itu Asmaโ€™ masih remaja, masuk ke tempat Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menggunakan pakaian yang menampak samar-samar bayang-bayang kulit di bawahnya. Maka Nabiย  berpaling darinya sambil bersabda:

โ€œWahai Asmaโ€™ sesungguhnya wanita itu jika sudah haidh tidak boleh nampak bagian tubuhnya kecuali ini dan ini, beliau Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memberi isyarat pada wajah dan tapak tangannya.โ€ (H.R. Abu Dawud).

Engkau tentu tidak mau dicampakkan ke dalam neraka jahannam akibat tidak memakai jilbab. Ingatlah akan peringatan nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, yang bersabda :

ุตูู†ู’ููŽุงู†ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู ู„ูŽู…ู’ ุฃูŽุฑูŽู‡ูู…ูŽุง ู‚ูŽูˆู’ู…ูŒ ู…ูŽุนูŽู‡ูู…ู’ ุณููŠูŽุงุทูŒ ูƒูŽุฃูŽุฐู’ู†ูŽุงุจู ุงู„ู’ุจูŽู‚ูŽุฑู ูŠูŽุถู’ุฑูุจููˆู†ูŽ ุจูู‡ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูŽ ูˆูŽู†ูุณูŽุงุกูŒ ูƒูŽุงุณููŠูŽุงุชูŒ ุนูŽุงุฑููŠูŽุงุชูŒ ู…ูู…ููŠู„ูŽุงุชูŒ ู…ูŽุงุฆูู„ูŽุงุชูŒ ุฑูุกููˆุณูู‡ูู†ู‘ูŽ ูƒูŽุฃูŽุณู’ู†ูู…ูŽุฉู ุงู„ู’ุจูุฎู’ุชู ุงู„ู’ู…ูŽุงุฆูู„ูŽุฉู ู„ูŽุง ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู’ู†ูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽุฌูุฏู’ู†ูŽ ุฑููŠุญูŽู‡ูŽุง ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุฑููŠุญูŽู‡ูŽุง ู„ูŽูŠููˆุฌูŽุฏู ู…ูู†ู’ ู…ูŽุณููŠุฑูŽุฉู ูƒูŽุฐูŽุง ูˆูŽูƒูŽุฐูŽุง

Artinya : โ€œAda dua kelompok manusia penghuni neraka yang belum pernah kulihat, yang pertama laki-laki yang memegang cambuk seperti ekor sapi yang kerjanya memukuli manusia dengannya; yang kedua wanita yang berpakaian tetapi telanjang kalau jalan berlenggang-lenggok menggoda rambutnya seperti punuk unta, dua kelompok ini tidak masuk Syurga dan tidak bisa mencium bau Syurga, padahal baunya tercium dari jarak sekian dan sekian (jarak yang amat jauh)โ€. (H.R. Muslim).

Hendaklah engkau mengulurkan jilbabmu, engkaupun cantik dunia akhirat.

Wahai remaja Muslimah, orang-orang beriman,โ€ฆ..

Sekarang, ingatlah pula akan firman Allah Subhanahu Wa Taโ€™ala yang terdapat di dalam Surat An-Nuur ayat 31 :

ย ….. ูˆูŽู‚ูู„ู’ ู„ูู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ูŽุงุชู ูŠูŽุบู’ุถูุถู’ู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุจู’ุตูŽุงุฑูู‡ูู†ู‘ูŽ ูˆูŽูŠูŽุญู’ููŽุธู’ู†ูŽ ููุฑููˆุฌูŽู‡ูู†ู‘ูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูุจู’ุฏููŠู†ูŽ ุฒููŠู†ูŽุชูŽู‡ูู†ู‘ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูŽุง ุธูŽู‡ูŽุฑูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ูˆูŽู„ู’ูŠูŽุถู’ุฑูุจู’ู†ูŽ ุจูุฎูู…ูุฑูู‡ูู†ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฌููŠููˆุจูู‡ูู†ู‘ูŽ

Artinya : โ€œKatakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanyaโ€ฆ..,โ€. (Q.S. An-Nuur [24]: 31).

Ibunda orang-orang beriman, โ€˜Aisyah Radiyallahu โ€˜Anha dulu pernah menyampaikan tentang ayat ini, โ€œSemoga Allah merahmati kepada wanita-wanita yang hijrah pertama, tatkala Allah Taโ€™ala menurunkan firman-Nya: โ€Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanyaโ€. Mereka lantas merobek kain tak berjahit yang mereka kenakan saat itu, lalu mereka berkerudung dengannya. Lalu mereka pun merobek sarung-sarung mereka dari pinggir, kemudian berkerudung dengannyaโ€.

Engkau tidak perlu merobek-robek kain atau sarung yang ada, atau pinjam kepada yang lain, cukup ibu yang membelikan untukmu jilbab itu, kerudung itu, kau pun semakin cantik dunia akhirat.

Dahulu, seperti dikisahkan oleh oleh Ummu Athiyah Radiyallahu โ€˜Anha beliau, โ€œRasulullah memerintahkan kami agar keluar pada hari โ€˜idul Fithri maupun โ€˜idul Adha, baik para gadis yang menginjak aqil baligh, wanita-wanita yang sedang haid maupun wanita-wanita pingitan. Wanita-wanita yang haid tetap meninggalkan shalat. Namun mereka dapat menyaksikan kebaikan (mendengarkan nasihat) dan dakwah kaum muslimin. Aku bertanya, โ€œYa Rasulullah, salah seorang dari kami ada yang tidak memiliki jilbab?โ€ Beliau menjawab, โ€œKalau begitu hendaklah saudarinya meminjamkan jilbabnya (agar ia keluar dengan berjilbab)!โ€ (H.R. Bukhari dan Muslim).

Karena itulah, Wahai remaja puteri orang-orang beriman,โ€ฆ..

Hendaklah engkau menutupkan kain kerudung. Tentu memang harus muncul dari sanubari kesadaran sendiri, bukan karena yang lain. Tetapi inilah kewajiban orang tua mengajak remaja Muslimah, dalam kebaikan, di jalan menuju syurga.

Di akhirat, wahai remaja Muslimah. Ibu, Bapak, Umi, Abi, Mama, Ayah kalianโ€ฆโ€ฆ tidak dapat menolongmu sedikitpunโ€ฆโ€ฆ

Nikmatilah perintah Allah itu dengan imanmu. Sehingga dengan iman itu menjadi indah dalam jiwamu, menuntunmu ke jalan yang lurus.

Seperti untaian firman-Nya :

ูˆูŽุงุนู’ู„ูŽู…ููˆุง ุฃูŽู†ู‘ูŽ ูููŠูƒูู…ู’ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽูˆู’ ูŠูุทููŠุนููƒูู…ู’ ูููŠ ูƒูŽุซููŠุฑู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ุฑู ู„ูŽุนูŽู†ูุชู‘ูู…ู’ ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุญูŽุจู‘ูŽุจูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู ุงู„ู’ุฅููŠู…ูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุฒูŽูŠู‘ูŽู†ูŽู‡ู ูููŠ ู‚ูู„ููˆุจููƒูู…ู’ ูˆูŽูƒูŽุฑู‘ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู ุงู„ู’ูƒููู’ุฑูŽ ูˆูŽุงู„ู’ููุณููˆู‚ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุนูุตู’ูŠูŽุงู†ูŽ ุฃููˆู„ูŽุฆููƒูŽ ู‡ูู…ู ุงู„ุฑู‘ูŽุงุดูุฏููˆู†ูŽ

Artinya: โ€œDan ketahuilah olehmu bahwa di kalangan kamu ada Rasulullah. Kalau ia menuruti (kemauan) kamu dalam beberapa urusan benar-benarlah kamu akan mendapat kesusahan tetapi Allah menjadikan kamu cinta kepada keimanan dan menjadikan iman itu indah dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurusโ€.ย  (Q.S. Al-Hujurat [49]: 7).

Ibu, Bapak, Umi, Abi, Mama, Ayahโ€ฆโ€ฆ Hanya dapat mengalunkan doa :

ุฑูŽุจู‘ู ู‡ูŽุจู’ ู„ููŠ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุงู„ูุญููŠู†ูŽ

Artinya : “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.โ€ (QS Ashshaffaat : 100).

ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ู‡ูŽุจู’ ู„ูŽู†ูŽุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฒู’ูˆูŽุงุฌูู†ูŽุง ูˆูŽุฐูุฑู‘ููŠู‘ูŽุงุชูู†ูŽุง ู‚ูุฑู‘ูŽุฉูŽ ุฃูŽุนู’ูŠูู†ู ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู†ูŽุง ู„ูู„ู’ู…ูุชู‘ูŽู‚ููŠู†ูŽ ุฅูู…ูŽุงู…ู‹ุง

Artinya : โ€œDan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (Q.S. Al-Furqan [25]: 74). Aamiin. (P4/P2)

Miโ€™raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.