Wamen Kominfo: Remaja dan Manula Rentan Kena Hoaks

Wamen Kominfo, Nezar Patria MSc, MBA menjadi narasumber pada Kuliah Umum di Ruang Digital UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Rabu, 8 Mei 2024 yang diselenggarakan Pusat Kerohanian dan Moderasi Beragama (PKMB). (Foto: dok MINA)

Banda Aceh, MINA – Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria MSc, MBA mengatakan kalangan remaja dan lanjut usia adalah kelompok yang dominan rentan terpapar hoaks.

Demikian dikatakan Wamen Kominfo saat menjadi narasumber pada Kuliah Umum di Ruang Digital UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Rabu (8/5) yang diselenggarakan Pusat Kerohanian dan Moderasi Beragama (PKMB).

Nezar Patria juga menyoroti pentingnya literasi dan keterampilan digital di era digital yang terus berkembang.

Menurutnya, dengan penetrasi internet mencapai 79,5% di Indonesia, peningkatan literasi digital

Dengan tingkat penetrasi internet yang mencapai 79,5% masyarakat Indonesia atau setara dengan 221,5 juta jiwa, manfaat positif internet bisa sangat optimal bahkan mampu mengubah lanskap ekonomi Indonesia.

Baca Juga:  Dua Menteri Zionis Sitegang dan Saling Serang

Wamen juga menegaskan pentingnya menjaga keseimbangan dalam penggunaan teknologi digital, termasuk dalam menyebarkan nilai-nilai keagamaan yang mengedepankan perdamaian dan martabat manusia.

Nezar Patria juga memaparkan berbagai program yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di bidang digital, seperti Gerakan Literasi Digital Nasional (GNLD) dan Digital Talent Scholarship (DTS).

“Saya berharap, melalui program pengembangan SDM Kominfo tersebut, akan tercipta talenta-talenta digital Indonesia yang cakap dan kompeten untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” tambahnya.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman MAg, mengapresiasi kehadiran Wamenkominfo RI dalam acara tersebut. Ia menyatakan UIN Ar-Raniry berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah, perguruan tinggi lainnya baik di dalam maupun di luar negeri, dengan paradigma baru sebagai kampus energi kebangsaan, sinergi membangun negeri.[]

Baca Juga:  AWG Adakan Pameran Pojok Baitul Maqdis di Wonogiri

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Rana Setiawan