Wapres Ajak Semua Pihak Bangun Keutuhan Bumi Cenderawasih

(Foto: Setwapres)

Papua, MINA – Wakil Presiden (Wapres) RI KH. Ma’ruf Amin mengajak tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat membangun keutuhan Bumi Cenderawasih, Papua.

“Saya mengajak semua pihak di Papua bersama-sama kita membangun keutuhan sebagai warga masyarakat, bangsa,” kata Kyai Ma’ruf saat silaturahmi dengan tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat di Sorong, Papua Barat Daya, Ahad (16/7).

Menurut Wapres, keutuhan yang dibangun secara bersama dengan pemangku kepentingan akan membuat setiap daerah terintegrasi. Kebersamaan itu, akan mendorong akselerasi kemajuan dan kesejahteraan Papua dari berbagai bidang.

“Teman-teman yang masih belum berintegrasi itu di daerah-daerah sana. Masih ada teman-teman, yang maksud saya, segeralah kembali kita bersama bangun Papua,” kata Wapres.

Baca Juga:  IRI-BRGM Indonesia Gelar Pelatihan Jurnalisme untuk Komunitas Agama

Berkaitan dengan hal itu, Wapres turut meminta persatuan gereja di Papua untuk terus mengimbau kepada masyarakat agar menjauhi tindakan separatis atau hal-hal yang menimbulkan konflik dan mengorbankan nyawa.

“Kepada Gereja, saya mohon supaya tidak ada lagi yang, apa ya, yang mau mengorbankan jiwanya saya kira. Agama mana pun saya kira melarang itu ‘kan, tidak boleh menghilangkan nyawa seseorang,” ujar Wapres.

Wapres mengatakan bahwa di dalam Islam disebutkan menghilangkan nyawa satu orang sama halnya dengan menghilangkan nyawa seluruh manusia di Bumi.

“Jadi, itu berat sekali. Saya kira agama Kristen pun begitu, nyawa itu nilainya tinggi sekali. Alangkah baiknya kalau Papua ini damai, sejahtera, aman, dan itu yang kami harapkan,” ujarnya. (R/R4/R1)

Baca Juga:  Seminar Ekosistem Islam Holistik Hadirkan Grand Seikh Al-Azhar

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rana Setiawan