Wapres Imbau Partisipasi Seluruh Pihak Mitigasi Bencana Subang

Jakarta, MINA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’aruf Amin mengimbau, seluruh pemangku kepentingan berpartisipasi aktif dalam penanganan mitigasi bencana alam banjir di Kabupaten Subang, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Sehingga, dampak yang diakibatkan oleh bencana alam ini dapat segera diatasi.

“Tentu penanganan bencana harus dilakukan oleh seluruh pihak, tidak hanya pemerintah saja,” ujar Wapres disela mengunjungi Kecamatan Pamanukan pada Sabtu (13/2).

Menurutnya, dibutuhkan kontribusi dari berbagai lapisan masyarakat agar penanganan bencana banjir tersebut semakin cepat dilakukan. Mengingat, jumlah warga terdampak dari bencana banjir ini sangat besar yakni mencakup jumlah hingga 38 ribu jiwa, demikian keterangan yang diterima MINA.

“Telah menyebabkan korban materil yang setidaknya berjumlah 38 ribu warga yang menderita,” katanya.

Baca Juga:  Imaam Yakhsyallah: Menunaikan Zakat Bentuk Syukur Kepada Allah 

Selain itu, semakin banyak pihak yang ikut maka akan membuat penanganan bencana alam banjir tersebut lebih cepat daripada sebelumnya. Dengan begitu, pemulihan warga terdampak dapat segera dalam beberapa waktu ke depan.

“Kita semua prihatin dengan kejadian yang terjadi. Negara kita memang kategori sangat rawan bencana alam,” ujarnya.

Disamping itu, secara simbolis Wapres menyerahkan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kepada Pemerintah Daerah Subang serta bantuan dari Kementerian Sosial dan Pemerintah Pusat kepada pengungsi korban banjir. (R/SH/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Rana Setiawan