Wapres Sebut Peningkatan Kualitas SDM Kunci Indonesia Jadi Negara Maju

Wapres RI, Jusuf Kalla saat memberikan pengarahan di Musrenbangnas 2019 (Sajadi/MINA)

Jakarta, MINA – Pemerintah resmi meluncurkan yang pada tahun tersebut Indonesia akan menuju menjadi negara maju. Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas adalah kunci menjadi negara maju dan sejahtera.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla saat memberikan pengarahan dalam forum Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional () 2019 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2020 di Hotel Shangrila, Jakarta, Kamis (9/5).

Dalam kesempatan tersebut, Wapres bercerita tentang kesuksesan China sebagai negara maju. “Saya baru ke China dan melihat yang menakjubkan dalam 30 tahun China maju begitu rupa,” kata Wapres.

Ia menceritakan, China dikenal sebagai Negeri Tirai Bambu yang filosofinya tertutup dan tradisional. Sekarang, China menjadi negara maju hanya dengan mengubah pandangannya.

Menurutnya, China memanfaatkan SDM sebagai motor penggerak perekonomiannya. Padahal, dulunya jumlah penduduk yang banyak hanya dipandang sebagai beban Anggaran Pendapatan Belanja Negara.

“Dengan sedikit mengubah cara pandang, dulu China menganggap bahwa penduduk besar itu beban, mereka mengubah sudut pandang bahwa itu SDM yang baik,” kata kepada seluruh peserta Musrenbangnas 2019.

Maka tahun ini, lanjut Wapres, spirit yang ingin ditingkatkan agar SDM bisa memajukan bangsa. “Itulah kenapa kita formulasi infrastruktur dan SDM dapat dilakukan bersama,” tambahnya.

Oleh karena itu, Wapres RI berharap dalam forum Musrenbangnas 2019 ini para pejabat negara baik di pusat maupun daerah dapat membangun SDM yang berkualitas demi kemajuan bangsa.

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyampaikan laporan hari pertama pelaksanaan Musrenbangnas 2019.

Musrenbangnas 2019 dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan dihadiri para pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Menteri dan Kepala Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, Gubernur, para Bupati/Walikota, kemudian ditutup secara simbolik oleh Wapres Jusuf Kalla.

Bambang mengatakan, Musrenbangnas tahun ini cukup istimewa dengan diluncurkan Visi Indonesia 2045. Pada 2045, Indonesia akan menuju negara berpendapatan tinggi dan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia terbesar ke-5 di dunia.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Bambang berkata, beberapa inovasi harus dilakukan termasuk pemanfaatan teknologi maju. (L/Sj/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.