Warga Lampung Adakan Aksi Bela Palestina

Bandar Lampung, MINA – Forum Suara Masyarakat Lampung (FSML) menggelar Aksi Bela Al-Aqsa hari ini, Rabu (19/5), di Tugu Adipura Bandar Lampung yang dihadiri ribuan masyarakat Lampung dari berbagai kalangan.

Berdasarkan laporan wartawan MINA di lokasi, peserta aksi kompak beratribut Palestina, berikat kepala bertuliskan kalimat takbir dan Berseragam hitam putih, tepat pukul 09.00 WIB, aksi dimulai dengan longmarch dari Masjid At-Taqwa Bandar Lampung menuju Tugu Adipura.

Sampai di Tugu Adipura, teriakkan takbir dan berbagai slogan-slogan bela Palestina pun menggetarkan lokasi aksi.

Acara dimulai dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan orasi-orasi dari penyelenggara dan dari beberapa peserta.

Koordinator Lapangan Aksi Bela Palestina, Rayan menyatakan, perlakuan Israel kepada Rakyat Palestina merupakan bentuk kejahatan manusia, dan sebagai manusia yang berfikir dan memiliki hati pastinya akan tersentuh karena telah terjadi tragedi kemanusiaan yang memilukan kepada Rakyat Palestina.

“Apa yang terjadi di Palestina saat ini adalah suatu kejahatan yang merupakan permasalahan kemanusiaan. Bukan hanya persoalan agama tetapi ini adalah suatu tindakan pembantaian yang tidak berprikemanusiaan, maka kita sebagai manusia yang memiliki hati nurani pastinya akan tersentuh,” ujarnya.

“Palestina memiliki sejarah yang panjang, dan Indonesia memiliki hutang besar kepada Palestina, karena negara Palestina pada saat kita merdeka termasuk salah satu yang awal mengakui kemeredekaan Republik Indonesia,” lanjutnya.

Ia menerangkan, penggalangan dana juga telah dilakukan, hingga saat ini sudah terkumpul sebanyak Rp. 17 Juta dan akan disalurkan melalui lembaga-lemaba resmi kemanusiaan termasuk Baznas Muhammadiyah, Dewan Dakwah, ACT Lampung dan lembaga-lembaga lain.

Salah satu orator aksi menegaskan mengutuk keras serangan Penjajah Zionis Israel terhadap Tempat Suci kedua bagi Umat Islam itu dan juga serangan yang mengarah pada warga sipil Gaza. Sudah banyak korban tak bersalah yang berjatuhan, mulai dari anak-anak, balita bahkan perempuan.

“Kaum Israel adalah banci, mereka membunuh perempuan bahkan anak-anak, mari kita berjihad untuk Islam, mari kita berperang melawan Israel, Allahu Akbar!,” seru salah satu orator perempuan.

Tua-muda, Laki-laki-Perempuan bahkan anak-anak turut bersemangat meramaikan aksi tersebut meski panas terik yang sangat menyengat tak menyurutkan semangat dan antusiasmenya untuk membela Palestina, mengutuk tindakan Penjajah Zionis terhadap Masjid Al-Aqsa dan warga Palestina di Jalur Gaza.

Nampak di lokasi aksi para ormas dari Pemuda Pancasila, dan beberapa ormas Islam yang mengatasnamakan Forum Masyarakat Lampung untuk menyuarakan pembebasan atas bangsa Palestina. Aksi diakhiri dengan pembacaan doa dan para peserta membubarkan diri dengan tertib, tanpa sedikitpun membuat kericuhan dengan protokol kesehatan yang tetap dijalankan.

Aksi ini diikuti oleh berbagai ormas di Lampung, seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, berbagai Himpunan Mahasiswa, dan Pondok Pesantren. (L/R12/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)