Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Washliyah Gelar HUT ke-93

kurnia - Jumat, 1 Desember 2023 - 06:50 WIB

Jumat, 1 Desember 2023 - 06:50 WIB

2 Views ㅤ

Jakarta, MINA – Al jam’iyatul Washliyah menggelar Hari Ulang Tahun yang ke-93 dengan tema ‘Kokohkan Kebersamaan Tingkatkan Kepedulian’ di Jakarta pada Rabu 29 November, dan menegaskan komitmen dukung perjuangan rakyat Palestina.

“Al Washliyah sebagai ormas Islam terbesar ke-3 di Indonesia,  dilahirkan 30 November 1930 silam, sampai dengan saat ini, tetap komitmen berperan memajukan pendidikan dan meningkatkan akhlak umat,” kata Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Al Washliyah, Dr KH Masyhuril Khamis dalam keterangan tertulis diterima MINA, Kamis (30/11).

”Deklarator Al Washliyah adalah para alumni Maktab Islamiyah Tapanuli (MIT) dan pelajar Madrasah Al Hasaniyah, diantaranya Haji Abdurrahman Syihab, Haji Ismail Banda, Haji Muhammad Arsyad Thalib Lubis, Adnan Nur Lubis, Yusuf Ahmad Lubis serta beberapa ulama terkemuka di Kota Medan, antara lain Syeikh Haji Muhammad Yunus, yang sekaligus pemberi nama Al Jam`iyatul Washliyah,”

Ia juga mengatakan, para pendiri dan pejuang Al Washliyah telah memberi kontribusi yang tidak ternilai harganya, terhadap kemajuan dan perkembangan agama Islam, berbangsa dan bernegara. Meski usia para pendiri Al Washliyah saat itu masih tergolong muda.

Baca Juga: Prof Asrorun Niam: Tujuan Fatwa untuk Kemaslahatan Hakiki

“Tapi, pemikirannya sungguh luar biasa, sangat jauh ke depan, visioner yang mampu menembus perkembangan zaman ke zaman,” tutur Kiai Masyhuril.

Kiai Masyhuril juga Ketua MUI bidang peningkatan akhlak bangsa berpesan kepada para anggota Al Washliyah (Washliyin), agar tetap mengobarkan semangat membela perjuangan rakyat Palestina dalam menghadapi serangan dan penjajahan yang sangat tidak manusiawi dari zionis Israel.

“Al Washliyah sebagai Ormas Islam mengutuk tindakan zionis Israel terhadap rakyat Palestina. Anggota dan pengurus Al Washliyah di tanah air bereaksi keras dan ikutserta menggalang dan mendorong kekuatan umat,” imbuhnya.

“Al Washliyah tidak hanya melakukan aksi demo massa di berbagai kota. Tapi sudah bergerak menggalang donasi umat untuk membantu rakyat Palestina melalui Alzis (Al Washliyah Zakat, Infaq dan Sadaqah),” kata Kyai Masyhuril tentang sikap Al Washliyah dalam membela Palestina.

Baca Juga: KH Afifuddin Muhajir: Fatwa Dibutuhkan Sepanjang Zaman

Dia juga anggota Dewan Penasihat Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia (PJMI) berpesan agar memanfaatkan kesempatan yang sebaiknya dalam memilih pemimpin nasional yang akan diselenggrakan dalam bentuk Pemilihan Umum (pemilu) pada Februari 2024 mendatang.

Al Washliyah tetap konsisten menjaga independensi dan netralitas organisasi dalam politik praktis, sebagaimana diatur pada Pasal 4 Anggaran Dasar (AD) dan Pasal 1 Anggaran Rumah Tangga (ART) Al Washliyah pada huruf a dan huruf b.

Menurutnya, Organisasi Al Washliyah, tidak akan berpihak kepada salah satu pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), dan siap dan terbuka menerima kunjungan pasangan Capres dan Cawapres mana pun, yang mau datang silaturahmi ke pengurus organisasi, tanpa ada deklarasi atau pun pernyataan sikap dukung-mendukung.

Ia mengingatkan kepada jajaran penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu), untuk bertindak jujur, adil dan tidak memihak kepada kelompok tertentu.

Baca Juga: Pelatihan UMKM di Jakarta Diharap Lahirkan Muzaki Baru

“Bawaslu, bertindaklah sebagai wasit. Pastikan penyelenggaraan pemilu ini sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Dan, kepada peserta pemilu, jadilah sebagai pemain yang bermain bersih, indah dipandang dan mampu menawarkan gagasan, ide dan visi misi yang dapat diterima logika.

“Kepada lembaga pemerintah, aparat TNI/Polri, Kejaksaan, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan lain-lainnya, Al Washliyah mengingatkan agar bersikap netral dan dan tidak berpihak kepada kelompok tertentu. Cegah dan awasi ketat agar tidak terjadi penyalahgunaan fasilitas dan anggaran negara,” tegas Kyai Masyhuril.

Ia mengucapkan rasa syukur dan terimakasih atas kekompakan telah terbangun selama ini diantara seluruh pengurus Al Washliyah, mulai dari tingkat pusat sampai dengan tingkat daerah.

“Terima kasih saya sampaikan kepada semua pengurus wilayah, daerah, organisasi bagian, sekolah, madrasah, kampus dan lainnya, di dalam dan luar negeri, yang telah melaksanakan berbagai kegiatan menyemarakkan Hari Ulangtahun ke 93 Al Washliyah.  Selamat Ulang Tahun ke-93 Al Washliyah Selamat Ulang Tahun ke-70 Ikatan Pelajar Al Washliyah (IPA) Selamat Ulang Tahun ke-64, Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (HIMMAH),” katanya. (R/R4/P1)

Baca Juga: BMKG: Beberapa Wilayah Berpotensi Diguyur Hujan Sedang-Lebat, Sepekan Mendatang

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah Samarinda Buka Pendaftaran Santri Baru

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia