Webinar Nasional Pencak Silat Menuju Olimpide

Jakarta, MINA – Akademi Olahraga Prestasi Nasional (Akornas) bersama Tim Inisiasi Pencak Silat Indonesia, akan mengadakan webinar nasional series 2 ‘Pencak Silat Menuju Olimpiade (Road to Olympic) mulai tanggal 26 September – 24 Oktober 2020 secara virtual menggunakan platform Zoom Meeting.

Andri Paranoan M.Pd selaku ketua pelaksana mengatakan kepada MINA, Ahad (20/9), tujuan dari kegiatan webinar nasional Series 2 “Pencak Silat Road To Olympic” adalah antara lain:

Pertama, mendorong percepatan cabang olahraga pencak silat agar dipertandingkan pada event Olympic Games 2032. Kedua, mendorong perguruan tinggi di Indonesia untuk mendukung program pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan topik pencak silat.

Ketiga, mendorong Kementerian untuk turut mendukung perkembangan prestasi olahraga pencak silat di Indonesia dan juga internasional. Keempat, mengajak masyarakat Indonesia melestarikan dan mengembangkan cabang olahraga pencak silat.

Penyelenggaraan Webinar Nasional Series 2 Pencak Silat Road To Olympic diselenggarakan oleh Akademi Olahraga Prestasi Nasional (AKORNAS) sebagai Host dan bekerja sama dengan Tim Inisiasi Pencak Silat Indonesia (para akademisi dan pelatih pencak silat).

Sebelumnya, Webinar Nasional Series 1 “Pencak Silat Road To Olympic” telah dilaksanakan pada bulan Juli – Agustus 2020 lalu.

Di tanah air, cabang olahraga pencak silat sendiri dipertandingkan pertama kali pada Pekan lahraga Nasional tahun 1973. Sejak itu pencak silat semakin berkembang di tanah air dan melahirkan atlet-atlet terbaik yang sudah menoreh prestasi di kejuaraan internasional.

Puncak kejayaan prestasi Pencak Silat terlihat saat multi event 2 tahun yang lalu yaitu Asian Games tahun 2018, Indonesia meraih sebanyak 14 medali emas.

Kemudian Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PB IPSI) dan Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa (PERSILAT) mengajukan cabang olahraga tersebut ke International Olympic Committee (IOC) untuk dapat dipertandingkan di event Olympic Games.

Rencana tersebut didukung Presiden Joko Widodo pada program Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) tahun 2020 – 2024 yaitu menargetkan pembudayaan olahraga silat sebagai olahraga, mendorong pemajuan kebudayaan serta menambah potensi medali pada Olimpiade selain Badminton. (L/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)