Webinar ‘Pesantren Sehat Kebanggaan Umat’

Jakarta, MINA – melalui Masjid Astra menggelar webinar kesehatan pesantren bertema “Pesantren Sehat Kebanggaan Umat” ini diikuti 53 pondok pesantren dari 11 provinsi secara daring, Senin (11/4).

Pembicara utama adalah dr. Mohammad Afif selaku pendiri Gerakan Pesantren Sehat (GPS), dan pemenang Penghargaan SATU Indonesia Awards 2019 dari Astra bidang kesehatan.

Pendiri Gerakan Pesantren  Sehat (GPS)dr. Mohammad Afif,   mengatakan, menjaga kebersihan dan kesehatan amatlah penting. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di pondok pesantren melibatkan semua elemen masyarakat yang ada, termasuk ustaz, pengurus, tamu kunjungan, dan masyarakat setempat.

“Perilaku Hidup Bersih dan Sehat hal pertama yang harus diterapkan untuk mencegah berbagai penularan penyakit,” kata dr. Mohammad Afif.

Baca Juga:  USK Berikan Pelayanan Maksimal kepada Peserta SNBT Difabel

Menurutnya, tema kesehatan pesantren selaras dengan program Kementerian Agama (Kemenag) tahun lalu, di mana Kemenag menyusun Pedoman Perilaku Hidup Bersih Sehat Pesantren.

Ketua Bidang Administrasi Keuangan Yayasan Amaliah Astra, Agung Kurniawan mengatakan, pihaknya terus menggaungkan perbaikan kesehatan pesantren.

“Sebab tema ini sangat penting untuk dikaji, agar pesantren menjadi tempat yang lebih nyaman dalam mencari ilmu,” imbuhnya.

Ia mengatakan, Yayasan Amaliah Astra terus memberi perhatian dan menjalin silaturahmi kepada komunitas pesantren dan penghafal Quran. Beberapa tahun ini banyak program yang ditujukan untuk komunitas ini.

“Diantaranya Lomba Murottal Qur’an Online, Lomba Tahfidz Qur’an Nasional Online serta Program Beasiswa Amaliah Astra untuk santri. Dan hari ini, terselenggara program Webinar Pesantren dengan tema “Pesantren Sehat Kebanggaan Umat,” ujar Agung. (R/R4/P1)

Baca Juga:  Pj Gubernur Jateng Dorong Ulama Didik Pemuda dengan Agama

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.