Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

WFP: 100 Ribu Ton Makanan untuk Gaza Tertahan di Pos Pemeriksaan

Rudi Hendrik Editor : Widi Kusnadi - 56 detik yang lalu

56 detik yang lalu

0 Views

Ilustrasi: Israel sengaja menunda dan menghalangi lebih banyak pasokan makanan memasuki Gaza dibandingkan dengan bentuk bantuan kemanusiaan lainnya, kata PBB pada hari Selasa, 9 April 2024. (Foto: WAM)

Jenewa, MINA – Program Pangan Dunia (WFP) mencatat ada sekitar 100 ribu ton makanan yang ditempatkan di berbagai koridor — Yordania, Ashdod, dan Mesir — yang cukup untuk memberi makan lebih dari 1 juta orang selama lima bulan, tetapi penutupan titik penyeberangan, masalah keamanan, dan gangguan rute di penyeberangan membatasi pengiriman bantuan.

“Dengan mendekatnya musim dingin, dan setelah mengalami konflik selama satu tahun, warga Gaza mendapati diri mereka tanpa tempat berlindung yang memadai, tidak ada bahan bakar, dan sangat sedikit bantuan,” kata WFP di X, Jumat (11/10), seperti dilaporkan oleh TRT World.

“Bantuan yang masuk ke Jalur (Gaza) telah anjlok ke level terendah dalam beberapa bulan, yang memaksa WFP untuk menghentikan distribusi paket makanan pada bulan Oktober,” kata lembaga PBB tersebut dalam sebuah pernyataan yang lain.

WFP juga menunjuk pada situasi yang memburuk di Tepi Barat yang diduduki, dengan menyatakan “kekhawatiran yang mendalam” atas perkembangan tersebut, karena situasinya tidak stabil.

Baca Juga: Kelaparan Mengancam Gaza: WFP Peringatkan Krisis Pangan Semakin Memburuk

“Operasi militer Israel berskala besar, pembatasan pergerakan, dan meningkatnya kekerasan pemukim berkontribusi pada peningkatan kelaparan,” tambahnya.

Israel telah melanjutkan serangan brutal di Gaza sejak Oktober tahun lalu, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata segera.

Lebih dari 42.000 orang telah tewas sejak saat itu, sebagian besar wanita dan anak-anak, dan lebih dari 97.700 orang terluka.

Serangan Israel telah menyebabkan hampir seluruh penduduk Gaza mengungsi di tengah blokade yang terus berlanjut yang menyebabkan kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan. []

Baca Juga: Masuk Jebakan Al-Qasam, 12 Kendaraan Militer Israel Hancur, Tentaranya Tewas

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda