WFP Gandakan Bantuan Makanan untuk Yaman

Jenewa, MINA – Program Pangan Dunia PBB () mengatakan pada Kamis (8/11) di Jenewa, mereka akan menggandakan bantuan makanan ke Yaman untuk mencapai 14 juta orang per bulan.

Jumlah itu hampir setengah dari populasi negara yang dilanda perang tersebut, demikian The New Arab melaporkan yang dikutip MINA.

Yaman berada dalam cengkeraman krisis kelaparan terburuk di dunia saat pasukan pemerintah yang didukung oleh koalisi pimpinan Arab Saudi memerangi pemberontak Houthi yang merebut ibu kota Sanaa.

Pada Rabu, 35 LSM Yaman dan internasional menyerukan penghentian segera permusuhan di negara miskin itu dan mengatakan bahwa 14 juta orang “di ambang kelaparan.”

WFP memberikan bantuan makanan kepada sekitar tujuh hingga delapan juta orang setiap hari.

“Tetapi situasi sekarang menjadi sangat mengerikan sehingga WFP bersiap untuk meningkatkan (bantuannya),” kata juru bicara Herve Verhoosel kepada para wartawan di Jenewa.

“Indikasi adalah bahwa upaya yang lebih besar diperlukan untuk mencegah kelaparan massal. Target baru sebesar 14 juta membutuhkan sejumlah besar pekerjaan logistik, penjangkauan, pendanaan dan persiapan,” tambahnya.

WFP menegaskan, kekerasan harus segera dihentikan untuk memberi Yaman “kesempatan untuk mundur dari tepi jurang.” (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.