Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Wisuda Santri Dayah Insan Qurani Aceh, 50 Orang Khatam 30 Juz

Insaf Muarif Gunawan - Ahad, 12 Mei 2024 - 05:46 WIB

Ahad, 12 Mei 2024 - 05:46 WIB

4 Views

Aceh Besar, MINA – Sebanyak 124 santri akhir Dayah Insan Qurani (IQ) Aceh Besar diwisuda angkatan ke-8. Dari santri yang diwisuda, sebanyak 50 orang mengkhatamkan hafalan Al-Qur’an 30 juz.

Wisuda digelar di gedung UCC K.H. Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah, Banda Aceh, Rabu (8/5), demikin keterangan yang diterima MINA, Ahad (12/5).

Sementara itu, pihak Dayah IQ ikut memberikan syahadah atau ijazah kepada para santri yang telah mengkhatamkan hafalannya.

Pelaksanaan wisuda tahun ini diwarnai rasa haru. Suasana seketika hening saat mereka yang telah menghafal 30 juz Al-Qur’an memakaikan replika mahkota kepada orangtua/wali mereka.

Baca Juga: Gunung Marapi Sumbar Erupsi, Tinggi Abu Capai 300 Meter

Dalam wisuda kali ini, Mulkil Achyar dan Nazwa Riyana ditetapkan sebagai santriwan dan santriwati lulusan terbaik tahun ajaran 2023/2024. Dari jumlah total wisuda tahun ini 70% telah diterima diberbagai universitas di Indonesia maupun luar negeri.

Pelaksanaan wisuda tahun ini diwarnai rasa haru. Suasana seketika hening saat mereka yang telah menghafal 30 juz Al-Qur’an memakaikan replika mahkota kepada orangtua/wali mereka.

Muzakkir berharap para wisudawan dapat mengabdi di tengah masyarakat dan menjadi jawaban atas segala persoalan keummatan yang dihadapi masyarakat.

Sementara itu, Kabid PD Pontren Kanwil Kemenag Aceh Muntasyir mengatakan, alumni IQ harus membangun sinergitas untuk memajukan negeri dengan bermodalkan ilmu pengetahuan, hafalan Alquran dan pemahamahan kitab kuning.

Baca Juga: Erick Tohir Ancam Sanksi Berat Pengatur Skor di PON Aceh-Sumut

Pada kesempatan tersebut juga ada Orasi Ilmiah dari Alumni yang disampaikan alumni pertama Dayah tersebut H. Asyraf Muntazhar, Lc., MA lulusan Maroko.

Sejak berdirinya pada tahun 2014 silam, Dayah Insan Qurani telah meluluskan 823 alumni. Dalam kurikulumnya, Insan Qurani sendiri memadukan pembelajaran kitab kuning, tahfiz, dan juga IPTEK dan IPTAK. Santri dayah IQ juga telah menorehkan berbagai prestasi tingkat lokal, nasional dan bahkan internasional.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Libur Panjang, Jalur Puncak Macet Parah

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Pendidikan dan IPTEK
Indonesia