Workshop Kewirausahaan Latih Muslim Berbisnis untuk Akhirat

Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Majelis Taklim Muslimah Jama’ah Muslimin (Hizbullah) bersama Mitra Pengembangan Usaha (MPU) Jama’ah Muslimin (Hizbullah) mengadakan Workshop Kewirausahaan bertempat di Aula Taman Sains Pertanian Natar, Lampung Selatan, Sabtu (7/12).

Waliyul Imaam Lampung, Abdullah Mutholib, S.Pd.I., dalam sambutannya mengatakan, apapun usaha ataupun bisnis yang kita lakukan semuanya harus berorientasi pada akhirat.

“Sebagaimana firman Allah dalam surah Al-Isra’ ayat 16-21, bahwa Allah menghendaki orang-orang yang kehidupannya berorientasi untuk akhirat sedang dia beriman, maka Allah akan berikan bantuan dari kemurahan-Nya, dan ingat kemurahan Allah itu tidak dapat dihalangi,” ujarnya.

Ketua Panitia, Fitria Yulianti saat diwawancarai MINA mengatakan, workshop tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya para Muslimah di Jama’ah Muslimin (Hizbullah) yang mempunyai usaha namun belum berani menaikkan omsetnya yang menyebabkan usahanya tidak berkembang.

Workshop ini sebagai fasilitas untuk memberikan mindset kepada para Muslimah supaya berani menaikkan omsetnya yang kemudian sebagian pendapatannya juga dapat diinfaqkan. Karena memang kita berorientasi untuk akhirat maka infaq menjadi salah satu cara untuk memajukan ekonomi ummat terutama di Jama’ah Muslimin (Hizbullah),” lanjutnya.

Muslimah dilatih untuk mempunyai usaha mandiri tetapi juga bukan sebagai tulang punggung, “Mereka juga dilatih untuk lebih berani untuk tidak sayang mengeluarkan uang untuk infaq,  berinfaq merupakan salahsatu kunci utama dalam meningkatkan perekonomian ummat,” ujarnya.

Peserta Workshop dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok yang sudah memiliki usaha dan yang belum, maka yang sudah mempunyai usaha dilatih supaya dapat meningkatkan Infaq dan yang belum mempunyai usaha dilatih supaya segera memiliki usaha.

Fitri juga mengungkapkan, workshop tersebut akan berkelanjutan namun belum ditentukan  waktunya.

“Ini merupakan workshop yang pertamakalinya diadakan khusus untuk kaum Muslimah,” tuturnya.

Sebagai pemateri adalah Ketua Mitra Pengembangan Usaha (MPU) Jama’ah Muslimin (Hizbullah), Syamsul Huda, S.T., dan Owner Klinik Kecantikan Aeesha Sukarame, Bandar Lampung yang juga Founder dan CEO Meccadina “Klinik Kecantikan Muslimah, juga  Direktur pada CV. Global Jaya, Nur Setiawan.

Workshop yang bertajuk “Mari Membangun Usaha Produktif untuk Kemajuan Perekonomian Ummat” tersebut dihadiri oleh 55 peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Lampung yang tergabung dalam Jama’ah Muslimin (Hizbullah). (L/hbb/B01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA).