Yayasan Silaturahim Gelar Perayaan Hari Guru Nasional

Cibubur, Bekasi, MINA – Yayasan Pendidikan Silaturahim Jatikarya (YPSJ) pada Kamis (25/11) menggelar  perayaan Hari Guru Nasional. Kegiatan tahunan ini dilaksanakan di Lapangan dan Aula Insan Mandiri Cibubur, Bekasi.

Kegiatan ini dihadiri oleh guru dan wali asrama dari SD Silaturahim Islamic School dan SMPIT-SMAIT Insan Mandiri Cibubur. Selain itu juga hadir Pimpinan Yayasan Ichsan Thalib dan Direktur Pendidikan Munif Chatib.

Tujuan Perayaan Hari Guru Nasional ini untuk memberikan apresiasi dan penyemangat kepada Para guru di lingkungan Yayasan Pendidikan Silaturahim Jatikarya dan sebagai momentum bersama untuk instropeksi diri sebagai guru dan juga yayasan selaku penyelenggara pendidikan.

Bapak Munif Chatib dalam sambutannya menyampaikan, tantangan menjadi guru sekarang ada dua, pertama terkait dengan perbedaan zaman, tantangan kedua yaitu perbedaan siswanya yang berbeda antara 20 tahun lalu dan sekarang.

“Banyak guru yang sudah digantikan oleh robot (artificial intelligences). Dulu struktur di lembaga pendidikan guru menjadi paling banyak namun sekarang guru menjadi sedikit karena digantikan oleh robot,” ujarnya.

Namun ia mengatakan, ada satu kesempatan dimana guru tidak dapat digantikan oleh robot, yaitu guru mampu memberikan inspirasi kepada para siswanya. Sehingga siswa yang diajar akan mengenang guru tersebut sampai ia tua.

Selanjutnya, Munif juga mengatakan, masalah non akademis menjadi tantangan utama bagi guru saat ini sehingga cara dan penanganan yang di berlukan berbeda dengan guru zaman dulu.

Menurutnya, saat ini guru yang di harapkan ialah guru yang bisa menjadi payung bagi para siswanya. Meneduhkan disaat panas dan melindungi ketika hujan. Selain itu juga guru yang menjadi sahabat anak yang dapat saling bertukar pikiran dan berdiskusi tanpa menghakimi.

Perayaan Hari Guru Nasional ini juga banyak penampilan karya dari para siswa, guru dan manajemen, di antaranya tilawah dan sari tilawah, pembacaan puisi, penampilan grup kolaborasi dari siswa dan siswi SD Silaturahim Islamic School dan Insan Mandiri Cibubur.

YPSJ dalam kesempatan ini juga memberikan hadiah bingkisan kepada semua guru, wali asrama dan karyawan. Akhir kegiatan ini ditutup dengan do’a bersama. (R/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)