Yunani Dukung Proses Negosiasi Konflik di Nagorno-Karabakh

Yerevan, Armenia, MINA – Menteri Luar Negeri Yunani Nikos Dendias mendukung lanjutan proses negosiasi mengatasi konflik di Nagorno Karabakh.

Dendias mengatakan dalam kunjungannya menemui Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan. Armen Press melaporkan, Jumat (16/10).

Menurutnya, Yunani mendukung penghentian segera permusuhan di Nagorno Karabakh karena kekerasan bukanlah pilihan untuk menyelesaikan masalah.

Ia menolak campur tangan asing yang memprovokasi operasi militer dan mendukung seruan Ketua Bersama OSCE Minsk Group untuk mengamati gencatan senjata dan melanjutkan proses negosiasi.

PM Armenia Nikol Pashinyan menyambut baik kunjungan Menlu Yunani, yang menurutnya merupakan dukungan penting bagi Armenia dan rakyatnya pada masa sulit ini.

“Rakyat kami bersatu dengan hubungan sejarah yang hangat dan nilai-nilai yang sama. Armenia menekankan pentingnya intensifikasi dan pengembangan hubungan yang terus-menerus dengan Yunani, terutama pada situasi regional dan geopolitik yang kompleks saat ini,” ujar PM Pashinyan.

Pashinyan menjelaskan kepada Menlu Yunani tentang perang yang dilancarkan Azerbaijan melawan Artsakh sejak 27 September dan berbicara tentang keterlibatan terbuka Turki untuk itu dan tindakannya yang membuat kawasan itu tidak stabil.

Menteri Luar Negeri Yunani menyatakan bahwa kedua bangsa dan negara tersebut terhubung dengan persahabatan yang kokoh selama berabad-abad, dan menambahkan bahwa dalam situasi yang sulit ini Yunani dan rakyatnya berdiri di samping rakyat Armenia.

Menlu Yunani menyampaikan undangan PM Yunani kepada PM Armenia untuk berkunjung ke Yunani. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)