109 Petugas Haji di Medan Ikut Pembekalan

Kakanwil Kemenag Sumut memasangkan tanda peserta (Foto : kemenag)

Medan, MINA – Sebanyak 109 orang mengikuti pembekalan yang digelar Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Sumut di Asrama Haji Embarkasi Medan selama 10 hari, mulai 16-25 Maret 2020.

Pembekalan yang mengusung tema “Dengan Pelatihan Petugas Terintegrasi Kita Wujudkan Petugas Haji yang Profesional, Bertanggung Jawab, Amanah, Berakhlakul karimah Nasional maupun Internasional” itu diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan seperti ceramah, diskusi, studi kasus, dan geladi posko.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Iwan Zulhami mengatakan, penyelenggaraan ibadah haji merupakan tanggung jawab negara sebagaimana diamanahkan dalam pasal 29 ayat 2 UUD 1945.

Menurutnya, salah satu bentuk tanggung jawab pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji sebagaimana disebutkan dalam UU No 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umroh adalah menyiapkan petugas yang memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan bagi jemaah haji.

Iwan menekankan kepada para peserta untuk menjadi petugas yang cekatan, handal, berkualitas, dan berwawasan lokal dan global. Keberhasilan pelayanan terhadap jamaah haji bukan semata karena petugas lebih pintar, lebih unggul, atau lebih berpengalaman melainkan terletak pada kebersamaan.

Sebagaimana pernah disampaikan Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh lanjut Iwan bahwa terwujudnya indeks kepuasan jamaah haji mencapai 85,91% adalah karena empat hal.

“Yaitu komitmen seluruh petugas haji, kerja di bawah satu komando, mengutamakan kebersamaan untuk mencapai tujuan pelayanan, komitmen layanan istimewa bagi seluruh jemaah haji Indonesia,” katanya.

Ia pun mengingatkan agar petugas haji senantiasa menjaga nama baik Kanwil Kemenag dan bangsa Indonesia dengan menjaga kepercayaan pemerintah dan masyarakat bahwa menjalankan tugas dengan ikhlas semata-mata karena Allah.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, dr. Alwi Mujahit Hasibuan, menyampaikan bahwa kesehatan adalah salah satu keutamaan yang harus dijaga ditengah situasi penyebaran virus Corona yang menyebar luas hampir di seluruh dunia.

Untuk itu, ia mengingatkan kepada para peserta agar menjaga kebersihan, melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, dan makan makanan yang bergizi sehingga peserta dapat mengikuti pembekalan dengan lancar dan tetap bugar sampai menjelang pelaksanaan haji mendatang. (R/R7/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.