1,25 Juta Dolar Kerugian Petani Gaza Akibat Pestisida Beracun dari Israel

Gaza, MINA – Kementerian Pertanian di Gaza Palestina memperkirakan nilai total kerugian material yang dialami para petani Gaza akibat pestisida beracun yang disemprotkan Israel di tanah Palestina yang berdekatan dengan pagar keamanan pekan lalu sebesar 1,25 juta dolar AS.

Dalam pernyataan persnya, Kementerian mengatakan pada Kamis (23/1), total area lahan pertanian yang tanamannya rusak lebih dari 2.000 hektar.

Mereka mencatat, sebagian besar tanaman yang mati adalah jenis tanaman musim dingin seperti gandum, kacang, kacang polong, kubis dan bawang serta tanaman daun seperti bayam.

Mereka mengutuk kejahatan keji Israel yang berlarut-larut terhadap sektor pertanian dan petani Palestina.

“Kami menyerukan kepada organisasi-organisasi PBB, hak asasi manusia dan lembaga-lembaga Arab, untuk menyelidiki lebih jauh kerusakan pertanian yang akibat tindakan keji Israel kepada para petani dan kerugian yang disebabkan oleh mereka serta mendokumentasikannya secara dekat dengan video dan audio,” terang Kementerian Pertanian.

Dia menekankan pentingnya peran lembaga-lembaga tersebut mengungkap kejahatan Israel dan memastikan ketidakbenaran keterangan Pemerintah Israel yang menyebut operasi penyemprotan pestisida pertanian tidak membahayakan warga, tanaman dan lingkungan serta tidak mempengaruhi kesuburan tanah. (T/RA 02/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.