1,4 Juta Vaksin Sinopharm Tiba di Indonesia

Foto: AFP

Jakarta, MINA – Lebih dari 1,4 juta dosis vaksin COVID-19 dalam bentuk jadi produksi Sinopharm, China tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (13/7).

“Pada hari ini kita menyaksikan bahwa kita sudah menerima kurang lebih sekitar 1.408.000 dosis vaksin merk Sinopharm,” ucap Wakil Menteri (Wamen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 1 Pahala Nugraha Mansury, dalam keterangan pers menyambut tersebut, secara virtual.

Ia menjelaskan, kedatangan tersebut merupakan tahap ke-22 total kedatangan vaksin COVID-19 dan tahap ke-3 kedatangan .

Wamen BUMN 1 mengatakan, tiga hari mendatang akan ada kedatangan vaksin Sinopharm lagi dengan total empat juta dosis. Vaksin tersebut, kata dia, akan digunakan untuk program Vaksinasi Gotong Royong.

“Kita berharap bahwa vaksin Sinopharm yang didatangkan oleh PT Kimia Farma, yang merupakan anak perusahaan dari Bio Farma, akan digunakan untuk Vaksin Gotong Royong,” tuturnya.

Wamen BUMN 1 menambahkan, Indonesia telah memiliki kerja sama untuk mendatangkan lima belas juta dosis vaksin Sinopharm untuk program Vaksin Gotong Royong.

“Vaksin Gotong Royong merupakan vaksin yang komplementer untuk bisa melengkapi vaksin program pemerintah, dalam rangka melakukan percepatan agar Indonesia dapat segera mencapai herd immunity dan juga bisa meringankan beban pemerintah dalam pelaksanaan program vaksinasi,” imbuhnya.

Sinopharm merupakan vaksin dengan platform inactivated dan sudah menerima Emergency Use Listing (EUL) dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada Mei 2021.

Vaksin Sinopharm juga sudah memperoleh persetujuan di 56 negara dengan efikasi sebesar 79 persen.

Sementara itu, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyambut baik kedatangan vaksin siap pakai merk Sinopharm tersebut.

Kadin Indonesia menilai kedatangan vaksin ini sebagai jawaban permintaan dan kebutuhan para pelaku usaha untuk segera melakukan vaksinasi bagi pekerja, karyawan, maupun keluarga karyawan.

“Ini tidak hanya menunjukkan komitmen kuat pemerintah untuk memenuhi kebutuhan vaksin bagi masyarakat yang diberikan secara gratis, tetapi juga menjawab permintaan dan kebutuhan kami para pelaku usaha untuk dapat segera melakukan vaksin bagi pekerja, karyawan, maupun keluarga karyawannya,” ujar Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional, Shinta Widjaja Kamdani dalam konferensi video. (R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.