25 Anggota Parlemen AS Surati Menlu Blinken Agar Tekan Israel

Washington, MINA – Sebanyak 25 anggota dari Partai Demokrat pada Rabu (12/5) mengirim surat kepada Menteri Luar Negeri Antony Blinken, menyerukan kepadanya untuk menekan Israel agar menghentikan penggusuran paksa atas warga Palestina di Yerusalem Timur yang diduduki. Anadolu Agency melaporkan.

“Kami menulis untuk mengungkapkan keprihatinan kami yang mendalam tentang rencana Israel menggusur paksa hampir 2.000 warga Palestina di lingkungan Al-Bustan dan Sheikh Jarrah di Yerusalem,” desakan dalam surat kelompok itu, yang dipimpin oleh  Marie Newman dan Mark Pocan.

“Kami menyerukan kepada Departemen Luar Negeri melakukan tekanan diplomatik untuk mencegah tindakan penggusuran paksa ini terjadi,” kata mereka.

Surat itu mengutip sebuah laporan yang mengungkapkan bahwa sekitar 5.000 rumah Palestina dihancurkan oleh otoritas Israel di Yerusalem Timur antara tahun 1967 hingga  2017.

“Yerusalem Timur adalah bagian dari Tepi Barat, dan di bawah hukum internasional, Israel berada dalam posisi sebagai pendudukan militer di wilayah ini,” kata surat itu.

Ketegangan meningkat sejak pengadilan Israel pekan lalu memerintahkan penggusuran keluarga Palestina dari lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur, yang menyebabkan protes oleh warga Palestina dan serangan Israel terhadap warga sipil Palestina, termasuk jamaah di Masjid Al-Aqsa di kota itu dan Jalur Gaza. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.