Fans Klub Sepakbola Celtic Donasikan Rp. 2 M untuk Palestina

Glasgow, 22 Dzulqa’dah 1437/25 Agustus 2016 (MINA) – Fans klub sepakbola Glasgow Celtic FC, Skotlandia mendonasikan dana 130 ribu pounds (senilai Rp2 miliar lebih) seusai kampanye pertandingan klubnya melawan Hapoel Beer-Sheva asal Israel pekan lalu.

Scottish Daily Record edisi Rabu (24/8) menyebutkan, sebelumnya ribuan pendukung kesebelasan sepak bola asal Skotlandia itu mengibarkan bendera Palestina saat menyambut kedatangan tim sepakbola asal Israel, Hapoel Beer-Sheva FC dalam sebuah pertandingan babak kualifikasi Liga Champion, Rabu (17/8/2016) pekan lalu.

Kesebelasan Glasgow Celtic dalam pertandingan itu menang dengan skor telak 5-2.

Setelah pertandingan itu, fans Celtic mengumpulkan untuk solidaritas Palestina.

Ide penggalangan dana itu muncul spontan sebagai kelanjutan dari pengibaran bendera Palestina oleh fans di seluruh stadion.

Gagasan beredar cepat melalui jejaring sosial media, terutama melalui hashtag #matchthefineforpalestine.

Awalnya, fans menetapkan target hanya 15 ribu pounds. Namun sejalan dengan beredar luasnya kampanye sosmed, terkumpullah 130 ribu pounds.

Rencananya bantuan itu akan dikirimkan melalui lembaga kemanusiaan Bantuan Medis Palestina (MAP/Medical Aid Palestine) dan Pusat Lajee di Bethlehem.

Pengurus MAP memuji solidaritas pendukungan Celtic atas kemurahan hati mereka.

Di situs Gofundme yang dibentuk untuk mengumpulkan donasi, Josh Mainka mengatakan, “Saya mungkin mendukung tim kota saya, tetapi setelah menghabiskan waktu perjalanan ke Gaza dan Palestina, saya lebih senang untuk berkontribusi membantu mereka, dan salam hormat kepada fans Celtic untuk sikapnya mendukung Palestina.”

Anwar Nuseibeh menambahkan, “Terima kasih banyak kepada semua orang yang ikut berdonasi, melewati batas politik atau kebencian, hanya karena rasa keadilan dan kesetaraan.”

Glagow Celtic dijadwalkan bertemu Hapoel Be’er Sheva di leg kedua Liga Champions pada babak play-off di Israel Rabu malam ini. (T/P4/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.