36 Lembaga Halal Dunia Berkumpul di Jakarta. Standar Halal Indonesia Jadi Rujukan

Jakarta, MINA – Lukmanul Hakim Presiden Dewan Pangan Dunia (WHFC) mengatakan, standar halal Indonesia yang berlaku saat ini adalah HAS 23000 sudah menjadi standar dunia, sehingga menjadi acuan untuk standar halal global saat ini.

Sejumlah 36 Lembaga Halal Dunia yang tergabung dalam World Halal Food Council (WHFC) melaksanakan Annual General Meeting di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu-Jumat (13-15/11).

“Pertemuan ini bertujuan, untuk mengevaluasi program selama satu tahun dan membahas berbagai masalah kontemporer terkait produk halal global,” kata Lukmanul Hakim kepada MINA.

Dia mengatakan, WHFC sangat konsenterasi terhadap situasi tentang halal di dunia, terutama saat ini di Indonesia apalagi dengan adanya regulasi baru tentang kewajiban halal di Indonesia.

“Maka teman-teman di WHCF ingin mencari tahu secara detil dan kemudian bagaimana kita mencari solusinya. Untuk itu kami diskusikan disini supaya kita dapat mencari jalan alternatif keluar atau penyelesaiannya,” kata Lukman.

Ia mengatakan bahwa ada beberapa perwakilan seperti Amerika Serikat, Australia, China Balkan, Eropa, India, Timur Tengah, Amerika Latin, Bahkan Eropa Timur.

Dia berharap standar halal ini bisa diterima oleh semua kalang terutama negara-negara non muslim dan bisa berperan dalam perdagangan internasional.

“Jadi konsumen non muslim bisa terbantu dengan produk halal dibeberapa negara. Tentu, dengan bersatunya lembaga halal ini dalam wadah WHFC bisa membuat halal ini bisa diterima masyarakat internasional,” harapnya.

WHFC adalah wadah berhimpun lembaga sertifikasi halal dunia yang keanggotaannya berasal dari seluruh negara di dunia. Hingga kini, anggota WHFC berjumlah 65 delegasi dari 22 negara. WHFC dibentuk untuk mengarusutamakan kehalalan produk yang dikonsumsi umat Islam sebagai wujud perlindungan pada konsumen.

Pertemuan ini merupakan pertemuan tahunan yang diikuti oleh seluruh lembaga sertifikasi halal anggota WHFC seluruh dunia guna membahas berbagai permasalahan kontemporer di bidang kesyariahan serta perkembangan teknologi pangan.

Pertemuian juga membahas strategi konsolidasi agar isu halal terus menjadi isu utama dalam produk pangan. Acara ini pertemuan tahunan WHFC digelar, acara Indonesia Halal Expo (INDHEX) berlangsung sampaii Rabu-Jumat (13/15) November 2019. (L/R03/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.