Sebanyak 37 Hasil Penelitian Inovatif Indonesia Dipamerkan di Jerman

Jakarta, MINA – Sebanyak 37 hasil penelitian inovatif dipamerkan pada Indonesia Innovation Day 2019 dengan tema “Enhancing Innovation, Expanding Collaboration” di Universitas Saarland, Kota Saarbrücken, Jerman.

Pameran tersebut diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dengan menampilkan 37 produk dari Pusat Unggulan Iptek (PUI) dan Science Techno Park (STP) di Indonesia tersebut dilaksanakan akhir bulan lalu.

“Produk-produk Pusat Unggulan Iptek maupun Science Techno Park di Indonesia selain untuk kebutuhan nasional, juga ditujukan untuk memenuhi dan bisa bersaing di kancah internasional. Di kegiatan ini, tentunya dengan sasaran kita bisa bersaing, meningkatkan jaringan kerja sama antar perguruan tinggi, lembaga litbang, dan industri di dunia internasional. Itulah kenapa dilakukan Indonesia Innovation Day,” kata Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kemal Prihatman dalam Indonesia Innovation Day (IID) 2019 Press Conference pada Jumat (5/7) di Jakarta Pusat.

IID 2019 melanjutkan dua program yang sudah pernah dilakukan di Belanda pada 2017 dan Jepang pada 2018.

“Dari 37 produk ada 14 kontrak yang saya rasa sangat membanggakan, bahwa kita mampu bersaing dengan teman-teman dari negara lainnya. Ini terbukti dari 2017 hingga tahun ini, walaupun targetnya kami hanya empat, tapi (kontrak kerja sama pada 2019) mencapai empat belas. Ini sangat membanggakan,” ujar Direktur Kemal.

IID 2019 dibuka oleh Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Patdono Suwignjo di Universitas Saarland di Kota Saarbrücken, Ibukota Negara Bagian Saarland, Jerman pada Rabu, 26 Juni 2019 dan membawa 37 produk dari 26 PUI dan STP di seluruh Indonesia.

Berikut adalah produk-produk yang dibawa Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) ke Universitas Saarland, Jerman dalam rangka pameran IID 2019.

Turut hadir dalam konferensi pers ini perwakilan peneliti dari berbagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) dan Science Techno Park (STP) di Indonesia. (R/R10/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.