5 Hari Ditutup, Israel Buka Kembali Penyeberangan Karem Shalom Ahad 14 Mei

Penyeberangan Karm Abu Shalom akan dibuka Ahad 14 Mei. (Photo: Shehab)

, MINA – Seorang pejabat mengumumkan, Sabtu (13/5), pendudukan telah memutuskan untuk membuka pos pemeriksaan dan Beit Hanoun Ahad 14 Mei, setelah penutupan 5 hari karena agresi di .

Demikian disampaikan seorang pejabat Komite Penyeberangan Barang ke Jalur Gaza (resmi Palestina), dalam keterangan singkatnya seperti dikutip dari Shehab News Agency.

“Pihak menginformasikan kepada kami tentang keputusan untuk membuka , pada hari Minggu, untuk masuknya bahan makanan dan bahan bakar ke Gaza,” kata pejabat itu.

Juru bicara Otoritas Penyeberangan juga mengumumkan, pendudukan akan membuka penyeberangan Beit Hanoun besok, Minggu 14 Mei 2023, di kedua arah untuk semua kategori.

Baca Juga:  Turkiye Kecam Veto AS di DK PBB Halangi Pengakuan Negara Palestina 

Selasa dini hari, otoritas pendudukan menutup penyeberangan Kerem Shalom, bersamaan dengan dimulainya agresi militernya terhadap Jalur Gaza.

Karem Shalom (Karm Abu Salem) adalah satu-satunya penyeberangan komersial ke Gaza, di mana bahan bangunan, barang, bahan bakar dan bahan makanan yang dibutuhkan oleh Jalur Gaza masuk melalui gerbang ini.

Penutupannya menyebabkan krisis ekonomi dan krisis kemanusiaan  yang besar di Jalur tersebut.

Perjanjian gencatan senjata antara pendudukan dan perlawanan Palestina mulai berlaku pada pukul 22.00 waktu setempat pada hari Sabtu, setelah operasi militer berturut-turut sejak fajar pada Selasa.

Agresi tersebut mengakibatkan kematian 33 warga Palestina, termasuk 6 anak-anak dan 3 wanita, dan 6 pemimpin Brigade Al-Quds, sayap militer dari gerakan Jihad Islam, selain itu juga  147 orang lainnya dinyatakan luka-luka. (T/R12/P1)

Baca Juga:  Massa Pendukung Israel Serang Mahasiswa Pro-Palestina di Universitas California

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Habib Hizbullah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.