SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

5 Negara Asia Ini Jalin Hubungan Diplomatik dan Kerja dengan Israel, 2 Diantaranya Tetangga Dekat Indonesia

Zaenal Muttaqin - Sabtu, 16 Maret 2024 - 09:39 WIB

Sabtu, 16 Maret 2024 - 09:39 WIB

2 Views

Jakarta, MINA – Entitas Zionis Israel, sejak didirikannya pada tahun 1948, telah menavigasi lanskap geopolitik global dengan mencari sekutu dan membangun hubungan kerja sama.

Di kawasan Asia, sejumlah negara telah menjalin hubungan diplomatik dan kerja sama dengan Israel, terlepas dari kontroversi dan tantangan regional.

Mengutip dari banyak sumber, ada lima negara di Asia yang menjadi sekutu kerja sama dengan Israel, memfokuskan pada bidang-bidang kerjasama seperti teknologi, pertanian, dan keamanan.

1. India

Baca Juga: Partai Buruh Inggris Kehilangan 5 Kursi Lawan Kandidat Pro-Palestina

India merupakan salah satu sekutu terpenting Israel di Asia. India mengakui Israel pada tahun 1950 dan hubungan diplomatik penuh terjalin pada tahun 1992.

Fokus utama kerja sama antara India dan Israel termasuk pertahanan, teknologi, pertanian, dan pengelolaan sumber daya air.

India adalah salah satu importir senjata utama dari Israel, dan kedua negara secara rutin melakukan latihan militer bersama.

Selain sektor pertahanan, proyek-proyek kerja sama dalam teknologi irigasi dan pengembangan pertanian telah membantu India meningkatkan produktivitas di sektor agrarisnya.

Baca Juga: Asosiasi Akademisi dan Penulis Internasional Keluarkan Sikap Terhadap Genosida Israel

2. Singapura

Filipina mengakui Israel pada tahun 1949 dan hubungan diplomatik penuh terjalin pada tahun 1958.

Meskipun merupakan negara kecil, Singapura memiliki hubungan yang kuat dengan Israel, terutama dalam bidang pertahanan dan teknologi.

Hubungan ini berakar dari bantuan Israel dalam pembentukan dan pelatihan Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) pada tahun-tahun awal kemerdekaan Singapura.

Baca Juga: Perlawanan Islam di Irak Siap Serang Israel Jika Invasi Lebanon

Kedua negara juga bekerja sama dalam pengembangan teknologi tinggi, termasuk cybersecurity dan teknologi informasi.

3. Filipina

Filipina mengakui Israel pada tahun 1949 dan hubungan diplomatik penuh terjalin pada tahun 1958. Secara historis hubungannya dengan Israel cukup hangat, itu terlihat dari peningkatan kerja sama di berbagai sektor.

Pada tahun 2018, kedua negara menandatangani beberapa perjanjian bilateral yang meliputi kerja sama dalam bidang tenaga kerja, sains, dan teknologi.

Baca Juga: Mantan Pejabat AS Ungkap Pemerintahan Joe Biden Terlibat Kuat dalam Pembunuhan Warga Gaza

Filipina juga membeli peralatan militer dari Israel dan menjajaki kerja sama lebih lanjut dalam bidang pertahanan.

Filipina juga mendukung Israel dalam pemungutan suara PBB yang mengakui Holocaust.

4. Vietnam

Vietnam dan Israel mulai menjalin hubungan diplomatik pada tahun 1993. Israel membuka kedutaan besar di Hanoi pada tahun yang sama.

Baca Juga: Jerman Kecam Ben-Gvir yang Serukan Tembak Kepala Tahanan Palestina

Keduanya berkolaborasi dalam bidang pertanian, teknologi, dan budaya. Vietnam adalah mitra dagang terbesar Israel di Asia Tenggara.

5. Azerbaijan

Azerbaijan dan Israel mulai menjalin hubungan diplomatik pada tahun 1992 setelah kemerdekaan Azerbaijan dari Uni Soviet.

Keduanya memiliki hubungan strategis dan ekonomi yang kuat. Israel membantu Azerbaijan dalam modernisasi militer dan keamanan.

Baca Juga: Militan Irak Janji Targetkan AS Jika Israel Serang Lebanon

Azerbaijan, negara mayoritas Muslim di Kaukasus, memiliki hubungan strategis dengan Israel, terutama dalam bidang energi dan keamanan.

Israel merupakan salah satu pembeli minyak utama dari Azerbaijan, dan kedua negara bekerja sama erat dalam masalah keamanan dan pertahanan.

Azerbaijan juga memanfaatkan teknologi militer Israel, yang menjadi aspek penting dalam konfliknya dengan Armenia.

Hubungan antara Israel dan negara-negara Asia ini menunjukkan keragaman dan kedalaman kerja sama. Meskipun ada perbedaan budaya, agama, dan geopolitik, Israel sangat diuntungkan dengan adanya kerja sama tersebut. (T/B04/)

Baca Juga: Senator Australia Fatima Diasingkan Usai Dukung Palestina

Mi’raj News Agency (MINA) 

Rekomendasi untuk Anda

Dunia Islam
Palestina
Palestina
Palestina
Internasional
Palestina
Palestina
Internasional
Khutbah Jumat