Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

75 Tahun Kemerdekaan di Aplikasi Umma Bertema “Merdeka Belajar, Belajar Merdeka”

Rana Setiawan - Ahad, 16 Agustus 2020 - 13:11 WIB

Ahad, 16 Agustus 2020 - 13:11 WIB

11 Views

Jakarta, MINA – Perayaan Hari Kemerdekaan RI biasanya identik dengan suasana meriah seperti hiasan bendera merah putih terpasang di tempat publik maupun di lingkungan tempat tinggal. Beragam lomba pun digelar warga untuk memeriahkan momen bersejarah tersebut.

Sayangnya, suasana perayaan Kemerdekaan RI tahun ini tampaknya akan sedikit berbeda. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia membuat segala bentuk kegiatan dibatasi.

Masyarakat diimbau menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik.

Meski peringatan 75 Tahun Kemerdekaan RI pada Senin (17/8/2020) nanti berbeda dari tahun sebelumnya, semangat nasionalisme harus tetap terjaga.

Baca Juga: Universitas Lampung Sepakati MoU dengan Chosun University of Korea

Dalam rangka hal tersebut, aplikasi Umma mempersiapkan serangkaian kegiatan yang dapat diikuti oleh para pengguna di dalam aplikasi. Umma adalah aplikasi Islam terlengkap dan mudah digunakan.

Co-Founder dan CEO umma Indra Wiralaksmana mengatakan, dalam memperingati 75 tahun kemerdekaan RI, umma mengusung tema ‘Merdeka Belajar, Belajar Merdeka’ dan menggelar berbagai kegiatan mulai dari lomba berhadiah uang tunai, hingga kelas online gratis.

“Peringatan kemerdekaan RI tahun ini pasti sangat berbeda dirasakan oleh kita semua, akan lebih banyak aktivitas di rumah untuk mengisi hari libur tersebut,” kata Indra sebagaimana keterangan pers yang diterima MINA, Ahad (16/8).

Dia berharap dapat memberikan alternatif kegiatan untuk memperingati hari kemerdekaan di rumah, dengan mengikuti lomba live streaming tema ‘Agustusan’ dan beberapa kelas online gratis yang pihaknya siapkan.

Baca Juga: Tingkatkan Literasi Anak, Kemendikbudristek Sediakan Konten Edukatif di Platform Digital

Kegiatan Agustusan seru yang bisa diikuti oleh pengguna aplikasi Umma selama di rumah yang sudah disiapkan di antaranya:

1. Kompetisi Live Streaming Agustusan #diummaaja

Pengguna bisa melakukan live streaming di aplikasi umma dengan tema apapun khususnya yang terkait peringatan hari kemerdekaan, asal tidak melanggar norma dan aturan yang berlaku di Indonesia.

Konten live streaming harus orisinil dan tidak boleh rekaman. Untuk kompetisi ini, umma menyiapkan total hadiah sebesar Rp 10.000.000,- untuk para pemenang dengan jumlah penonton terbanyak dan durasi live streaming minimal selama 60 menit.

Baca Juga: Sembilan Santri MA Al-Fatah Lampung Ikuti KSM Tingkat Kabupaten

2. Kelas online gratis di uClass

Melalui uClass, umma menyediakan fitur e-learning atau kelas online dengan beberapa topik yang menarik, di antaranya, kelas untuk belajar membuat website, digital marketing untuk UMKM, kewirausahaan, public speaking, perencanaan keuangan, hingga kelas online yang berkaitan dengan hobi, seperti bisnis tanaman hias dan ikan cupang.

Bagian terbaiknya adalah kelas-kelas uClass tersebut dibuat gratis sebagai bagian dari perayaan kemerdekaan RI, tanpa mengurangi kualitas materi.

3. Kangen 17an

Baca Juga: Sastra Masuk Kurikulum, NU Circle Minta Nadiem Setop Buku Bacaan Bernarasi Vulgar 

Ceritakan pengalaman perayaan 17 Agustus yang pernah dialami dan paling berkesan. Apa yang membuat perayaan 17an sesuatu yang spesial? Meriahkan perayaan kemerdekaan dengan berbagi cerita di aplikasi umma.

Umma adalah aplikasi Muslim terlengkap dan mudah digunakan untuk memenuhi kebutuhan umat Islam sehari-hari.

Fitur umma meliputi jadwal sholat akurat, notifikasi Adzan, penunjuk arah Kiblat berbasis GPS, doa harian, Al-Qur’an yang lengkap dengan terjemahannya, serta kalender, berita dan konten-konten Islami.

Melalui uClass sebagai platform e-learning untuk Muslim, umma menghadirkan berbagai kelas online dengan topik yang beragam mulai dari pelajaran Tahsin Qur’an sampai ke ilmu praktis untuk membantu umat Islam menjadi pribadi Muslim yang lebih baik.

Baca Juga: Sejumlah Daerah Larang Sekolah Gelar “Study Tour”

umma terus menjalankan misinya untuk permudah masyarakat muslim Indonesia menuju umat yang lebih baik lagi (khairu ummah) dengan pemanfaatan teknologi. Per Juli 2020, aplikasi umma telah diunduh oleh lebih dari 9 juta pengguna di Indonesia.(L/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Beasiswa Universitas Al Azhar Mesir Dibuka, Ini Syaratnya

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Israel Katz
Palestina
Indonesia
Indonesia
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia