Erdogan Bertemu Tokoh Penting Yahudi di AS

thumbs_b_c_9ae18733dd7e880481807089495066f5Washington DC, 21 Jumadil Akhir 1347/31 Maret 2016 (MINA) – Presiden , Recep Tayyip mengadakan pertemuan tertutup dengan beberapa tokoh-tokoh paling berpengaruh di Amerika Serikat () setelah menghadiri pertemuan puncak KTT tentang nuklir pekan ini di Washington.

Tokoh-tokoh Yahudi itu di antaranya, Robert Singer, Wakil Presiden World Jewish Congress; Malcom Hoenlein, Executive Vice President of The Conference of Presidents of Major American Jewish Organizations; dan Kepala American Public Affairs Committee, salah satu kelompok lobi pro-Israel terbesar di AS.

Pada pertemuan itu, tokoh Yahudi tersebut meminta Erdogan untuk memperbaiki hubungan Israel-Turki yang rusak dalam beberapa tahun terakhir setelah serangan mematikan pada 2010 lalu terhadap kapal berbendera Turki yang merupakan bagian dari armada bantuan yang membawa bantuan kemanusiaan ke Jalur , demikian laproan Anadolu Agency (AA) yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Baca Juga:  Universitas Brown Setujui Voting Tuntutan Mahasiswa Pro-Palestina

Menurut sumber kepresidenan AS, pertemuan itu juga diwarnai dengan membahas sejumlah isu, termasuk krisis pengungsi di Eropa, seruan anti-pengungsi, munculnya rasisme di Barat, dan upaya kontraterorisme yang dilakukan AS dan Israel, serta membahas isu Palestina.

Dalam sambutannya, Erdogan menegaskan bawah pemimpin-pemimpin Yahudi harus melawan Islamofobia, anti-Semitisme, dan xenofobia.

“Sayangnya gerakan anti-Semit, Islamofobia dan xenophobia telah pindah dari pinggiran ke pusat politik. Kita harus bekerja keras melawan gerakan-gerakan ini,” kata Erdogan.

Sementara itu, Malcom mengatakan bahwa laporan terbaru yang mengklaim kekerasan pasukan Israel terhadap warga Palestina di dalam dan sekitar Masjid Al-Aqsha adalah kampanye disinformasi yang ingin menyudutkan Israel.

Namun demikian, Erdogan menegaskan kepada kelompok tersebut bahwa dirinya telah menemukan kejanggalan pada beberapa rekening milik tokoh-tokoh Zionis yang bertentangan dengan klaim mereka. (T/P011/R05)

Baca Juga:  Erdogan Desak Muslim Bersatu Hentikan Genosida Israel di Gaza

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.