Warga Palestina Protes Facebook Blokir Akun Palestina

Gaza, MINA – Puluhan warga pada Senin (5/3), menggelar demonstrasi di luar kantor PBB di Gaza untuk memprotes praktik memblokir secara sepihak akun Facebook orang Palestina.

Demonstran memegang spanduk tinggi-tinggi sambil meneriakan “Facebook terlibat dalam kejahatan ()” dan “Facebook menyukai pendudukan (Israel)”. Demikian Worldbulletin melaporkan yang dikutip MINA.

Menurut Salama Maarouf, Juru Bicara Hamas (yang secara de facto mengendalikan Jalur Gaza), Facebook memblokir sekitar 200 akun Palestina tahun lalu, dan 100 lainnya  sejak awal 2018 “dengan dalih palsu”.

Berbicara pada demonstrasi Senin (5/3) yang diselenggarakan oleh Komite Dukungan Wartawan, sebuah LSM Palestina, Maarouf menggambarkan platform media sosial yang populer sebagai “pelanggar kebebasan berpendapat dan berekspresi”.

Dia menyatakan sekitar 20 persen akun Facebook Israel “secara terbuka menghasut kekerasan terhadap orang-orang Palestina” tanpa menghadapi ancaman penutupan akun.

Pada akhir 2016, Facebook menandatangani sebuah perjanjian dengan Kementerian Kehakiman Israel dimana mereka berjanji untuk “memantau” konten di akun Palestina. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.