Asian Games 2023 Resmi Dibuka

(Doc. Istimewa)

Hangzhou, MINA – telah dalam opening ceremony yang berlangsung meriah. Pesta olahraga se-Asia itu berlangsung mulai 23 September hingga 8 Oktober mendatang.

Pembukaan Asian Games 2023 digelar di Hangzhou Olympic Sports Expo Centre Stadium di Hangzhou, China, Sabtu (23/9). Acara dimulai pukul 20.00 waktu China.

Presiden Republik Rakyat China, Xi Jinping turut hadir dan sederet undangan dari negara peserta seperti Presiden Suriah Bashar al-Assad, Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-soo, serta Presiden Dewan Olimpiade Asia Raja Randhir Singh dan Presiden Komite Olimpiade International Thomas Bach.

Opening ceremony Asian Games 2023 dibuka dengan sesi tarian dan pertunjukkan yang mengenalkan China. Baru kemudian defile peserta memasuki lapangan.

Baca Juga:  UNRWA Tolak Tinggalkan Rafah

Afghanistan masuk pertama ke lapangan dalam sesi pembawa bendera peserta. China, sebagai tuan rumah, menutup sesi defile dengan masuk terakhir.

Defile dipimpin dua atlet yakni Hernanda Zulfi kapten timnas voli putra, dan Nandhira Mauriskha dari cabang wushu. Keduanya bertugas membawa bendera Merah Putih dan papan nama Indonesia di Hangzhou Stadium.

Indonesia mengirimkan 413 atlet untuk 30 cabang olahraga di Asian Games 2023. Total, ada 45 negara peserta, dengan belasan ribu atlet bersaing memperebutkan medali emas.

Meski baru dibuka pada 23 September, beberapa cabang olahraga sudah mulai bertanding sejak Selasa (19/9) lalu.

Asian Games 2023 Hangzhou menjadi edisi ke-19 Asian Games. Edisi kali ini digelar molor setahun, dari rencananya tahun lalu. Pandemi COVID-19 yang melanda dunia global pada 2020 hingga 2022 membuat ajang ini tertunda.

Baca Juga:  PP Muhammadiyah: Jangan Bosan Dukung Kemerdekaan Palestina

Sebelumnya, Asian Games 2018 digelar di Indonesia, dengan dua kota menjadi venue yakni Jakarta dan Palembang. China keluar sebagai juara umum dengan torehan 132 emas di ajang tersebut. (L/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.