Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Acara Menteri Israel di AS Dibatalkan Menyusul Protes Orang-orang Yahudi Amerika

sri astuti - Kamis, 1 Juni 2023 - 04:29 WIB

Kamis, 1 Juni 2023 - 04:29 WIB

3 Views

Warga Israel demo (MEMO)

Los Angeles, Mina – Konsulat Israel di Los Angeles terpaksa membatalkan acara publik dengan Menteri Sains dan Teknologi Ofir Akunis, menyusul protes orang Yahudi Amerika atas rencana perombakan peradilan oleh pemerintah sayap kanan yang dipimpin Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Akunis diundang untuk berbicara di acara yang diselenggarakan oleh konsulat Israel dengan topik: “From Start-Up Nation to Scale-Up Nation: Israel’s Journey to Global Tech Leadership.”

Acara itu dibatalkan setelah puluhan pengunjuk rasa berkumpul di luar tempat tersebut.

Akunis menyalahkan “provokasi” pengunjuk rasa atas pembatalan pidatonya. “Jika ada tempat untuk debat tanpa kekerasan dalam urusan dalam negeri Israel, itu hanya di Israel dan karena kami tahu bahwa provokasi oleh demonstran dari kiri direncanakan, kami memilih untuk tidak menahan mereka di arena internasional,” kata pernyataan dari kantor Akunis.

Baca Juga: Jamaah Ashabul Kahfi Australia Doa Bersama untuk Ulama Aceh Tu Sop

Konsul Jenderal Israel Hillel Newman naik ke panggung untuk meminta maaf kepada Akunis. “Sayangnya, saya harus meminta maaf atas nama menteri,” kata Newman dalam sebuah video permintaan maaf yang dibagikan di media sosial.

“Dia [Akunis] mengatakan kehadirannya di sini dapat menyebabkan lebih banyak provokasi dengan orang-orang di luar dan para pengunjuk rasa. Dia  mengatakan tidak ingin membawa perasaan buruk atau getaran buruk pada apa pun yang terkait dengan Negara Israel, karena itu dia memutuskan untuk memanfaatkan dirinya sendiri dan tidak datang,” tambahnya.

Telah terjadi protes selama berbulan-bulan atas rencana perombakan yudisial karena kekhawatiran itu akan menandai berakhirnya demokrasi Israel. Namun, dengan enam juta non-Yahudi tidak dapat menikmati hak yang sama di wilayah yang dikendalikan oleh Israel selama beberapa dekade, kelompok hak asasi manusia  mempertanyakan klaim negara pendudukan atas demokrasi.

Akunis sendiri mendorong diskriminasi terhadap non-Yahudi dengan mempromosikan aneksasi dan penentangan terhadap negara Palestina.

Baca Juga: Lima Orang Tewas Imbas Kekerasan Etnis di Manipur India

“Saya tidak akan pernah menyetujui pendirian negara Palestina di Yudea dan Samaria [Tepi Barat yang diduduki] dan saya akan terus mempromosikan, dengan sekuat tenaga, penerapan kedaulatan, yang merupakan proses sejarah yang tidak dapat dicegah,” kata Akunis seperti dikutip Jerusalem Post.

Pada hari Senin, Menteri Kehakiman Israel, Yariv Levin, mengatakan pemeriksaan yudisial diperlukan untuk memfasilitasi segregasi rasial di negara tersebut. Hakim harus memahami bahwa orang Yahudi “tidak ingin tinggal dengan orang Arab”, kata Levin, menyerukan perluasan Komite Penerimaan rasis. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Israel Sengaja Targetkan Aktivis Turkiye-Amerika

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Internasional
Palestina
Internasional
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia