Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Aed Abu Amro Jadi Simbol Perlawanan Great March of Return

Rudi Hendrik - Selasa, 21 Mei 2019 - 13:39 WIB

Selasa, 21 Mei 2019 - 13:39 WIB

10 Views

Aksi Aed Abu Amro pada 22 Oktober 2018, saat dirinya difoto oleh wartawan Anadolu Agency. (Foto: Mustafa Hassona/Anadolu Agency/Getty Images)

Ketika Aed Abu Amro mengangkat bendera Palestina tinggi-tinggi pada salah satu protes Great March of Return tahun lalu di perbatasan Gaza dan Israel, pemikiran terakhir dalam benaknya adalah bahwa ia akan menjadi sensasi di internet.

Namun ia tidak menyangka, gambarnya yang tanpa baju, ketapel dan bendera di tangan, berselimut asap gas air mata, menjadi viral di dunia dalam seketika.

Foto itu memicu perbandingan dengan lukisan dari periode Romantis Eropa dan membuat Abu Amro menjadi ikon instan perlawanan Palestina.

Foto itu diambil pada 22 Oktober oleh Mustafa Hassouna dari kantor berita Anadolu Turki. Kebetulan, dalam komposisi, pencahayaan dan motif, gambarnya sangat mirip dengan lukisan “Liberty Leading the People“, sebuah lukisan karya pelukis Perancis Eugène Delacroix.

Baca Juga: Transformasi Mardi Tato, Perjalanan dari Dunia Kelam Menuju Ridha Ilahi

Lukisan “Liberty Leading the People“,  subjek lukisan 1830 adalah perjuangan untuk kemerdekaan selama revolusi di Perancis pada tahun yang sama, dengan kebebasan diwakili oleh seorang wanita yang telanjang dada, membawa bendera Perancis.

Bagi Aed, reaksi global terhadap foto itu membuka mata.

“Saya kagum dengan seberapa cepat foto itu menyebar,” kata Aed kepada The Electronic Intifada dalam wawancara pada bulan April.

Perbandingan dengan lukisan Delacroix membuatnya bangga dan mendorongnya untuk melanjutkan aksinya.

Baca Juga: Dato’ Rusly Abdullah, Perjalanan Seorang Chef Menjadi Inspirator Jutawan

“Orang menganggap foto itu sebagai simbol perlawanan. Ini membuat saya bertekad untuk tetap tabah dan tetap tinggal di antara mereka yang menolak blokade Israel. Sangat bagus untuk menjadi simbol, tetapi pendudukan masih memaksakan pengepungannya,” katanya.

Membayar mahal

Aed, 20 tahun, telah biasa hadir di protes Great March of Return. Awalnya didorong oleh pengumuman Desember 2017 oleh Donald Trump, presiden Amerika Serikat (AS) yang akan memindahkan kedutaan AS ke Yerusalem.

Dia ingat saat menonton Al Jazeera bersama ayahnya, Jamal Sadi Abu Amro (48), hari itu. Setelah pengumuman itu dibuat, ayahnya menoleh padanya dan berkata, “Tidak ada lagi yang tersisa bagi kita. Penyebab Palestina hilang.”

Baca Juga: Hambali bin Husin, Kisah Keteguhan Iman dan Kesabaran dalam Taat

Jadi ketika protes Great March of Return dimulai setahun yang lalu, Aed ada di sana.

“Saya merasa,” kata Aed. “Jika tidak ada yang lain, revolusi pemuda kita dapat mengekspresikan penolakan kita terhadap pengumuman Trump.”

Dia menjalin pertemanan baru di protes, pertemanan ditempa dengan gas air mata dan di bawah hujan peluru.

Tetapi aktivisnya juga harus dibayar mahal. Dia telah terkena beberapa kali granat gas air mata, teman-temannya terluka, dan satu, yakni Ahmad Yaghi (25 tahun), terbunuh pada Agustus 2018.

Baca Juga: Dari Cleaning Service Menjadi Sensei, Kisah Suroso yang Menginspirasi

Pada tanggal 5 November 2018, sebuah peluru mendarat di kaki kiri Aed pada sebuah protes pantai melawan blokade laut, membuatnya terluka tetapi tidak mencegahnya. Dia kembali ke protes Great March of Return dalam beberapa hari.

Kemudian pada 23 November 2018 lalu di pagar timur Gaza City, Aed ditembak lagi, kali ini di kaki kanannya, dan kali ini lebih serius.

Dokter mengatakan kepadanya bahwa dia telah terkena peluru kupu-kupu, sebuah proyektil yang memberi dampak efek maksimum.

Peluru itu menyebabkan kerusakan parah pada lutut dan tulang-tulang lainnya di kakinya, membuatnya tidak dapat menggerakkan jari-jarinya dan membutuhkan obat penghilang rasa sakit yang terus-menerus.

Baca Juga: Profil Hassan Nasrallah, Pemimpin Hezbollah yang Gugur Dibunuh Israel

Luka itu memaksanya berhenti pergi ke protes.

Luka itu juga memaksanya berhenti pergi ke gym.

Tubuh yang sempurna

Aed Abu Amro dalam keadaan terluka terkena tembakan tentara Israel. (Foto: Mohammed Al-Hajjar)

Gym adalah pelarian Aed dan sudah menjadi hobinya. Ia satu dari enam saudara kandung, lima di antaranya masih tinggal di rumah di lingkungan Al-Zaytoun di Gaza City. Ia telah mencurahkan banyak waktu untuk membangun fisiknya dan menjauh dari rumah keluarganya yang ramai.

Baca Juga: Jenderal Ahmad Yani, Ikon Perlawanan Terhadap Komunisme

Aed berhasil berkompetisi dalam kejuaraan binaraga kategori berat badan 55 kg di pusat kebugaran lokal, terakhir pada Juli 2018.

“Saya adalah binaragawan terbaik di wilayah Gaza Timur dengan berat 55 kg. Saya sedang mempersiapkan diri untuk kejuaraan binaraga Jalur Gaza pada 26 November. Tapi kemudian saya terluka.”

Cederanya telah meluas. Stabilisator putih di kakinya akan lepas kapan saja sekarang, tetapi ia masih membutuhkan operasi pada tendon di jari-jari kakinya, serta operasi lutut.

Ketika dia pulih, katanya, dia ingin kembali ke protes.

Baca Juga: Hidup Tenang Ala Darusman, Berserah Diri dan Yakin pada Takdir Allah

“Saya tidak bisa mencegah Aed pergi ke protes,” kata Jamal kepada The Electronic Intifada. “Dia sangat terpengaruh oleh blokade dan kemiskinan, dia ingin mengekspresikan kemarahannya pada penindasan yang dideritanya sejak lahir di masyarakat kita yang diduduki.”

Jamal seorang yang menganggur dan bergantung pada upah yang kadang-kadang dibawa oleh kelima putranya dari pekerjaan di pabrik atau di tempat lain. Ia berharap, Aed yang dulu bekerja di warung rokok tidak jauh dari rumah akan kembali ke olahraganya.

“Saya percaya olahraga dapat mengirim pesan kepada dunia. Aed dapat berdampak jika dia adalah atlet terkemuka yang mewakili Palestina di kompetisi asing,” katanya.

Untuk saat ini, bagaimanapun, fokusnya adalah pada kebutuhan. Selama berbulan-bulan, Jamal mengatakan, ia telah berusaha untuk mengamankan obat penghilang rasa sakit, antibiotik dan sabun antibakteri untuk Aed. Barang-barang itu adalah komoditas langka di Gaza. Semua impor berada di bawah pembatasan ketat Israel.

Baca Juga: Hiruk Pikuk Istana di Mata Butje, Kisah dari 1 Oktober 1965

Dia harus meminjam uang untuk membeli obat dan telah datang ke berbagai badan amal untuk membantunya mendapatkan obat lebih banyak.

Israel menyebutnya teroris

Aed hanya mengenal tanpa pekerjaan, blokade, dan perang. Lahir pada tahun 1999, ia hidup melalui intifada kedua dan tiga serangan militer Israel habis-habisan di Gaza, serta 12 tahun blokade yang diberlakukan Israel yang telah menempatkan Gaza di ambang bencana kemanusiaan.

Dia berusia 15 tahun saat perang terakhir di Gaza pada 2014. Keluarga itu harus mengungsi dari rumah mereka setelah sejumlah rumah di dekatnya dibom. Ketika mereka kembali, dia mengetahui bahwa temannya Fayez Yasin telah terbunuh.

Baca Juga: Inspirasi Sukses, Kisah Dul dari Rimbo Bujang Merintis Bisnis Cincau

“Saya dulu bertanya kepada ayah saya ketika saya masih muda. Mengapa mereka membunuh anak-anak dan perempuan? Mengapa pesawat mereka meluncurkan roket alih-alih terbang seperti pesawat biasa?” kata Aed. “Saya tidak membayangkan bahwa ketika saya tumbuh dewasa saya akan tetap hidup dengan pekerjaan, blokade dan pencurian tanah Palestina.”

Dia juga bingung dengan apa yang dia baca di koran-koran Israel, terutama di bagian komentar di bawah artikel, setelah fotonya menjadi viral.

“Orang-orang memanggil saya seorang teroris! Saya telah menyaksikan lusinan orang terbunuh, termasuk teman-teman saya. Saya telah melihat seluruh lingkungan hancur. Dan orang-orang menyebut saya teroris!”

Hari-hari ini, Aed menghabiskan sebagian besar waktunya dengan dua teman dekatnya, Mahmoud Abu Marsa dan Ahmad Bahlool, keduanya berusia 20 tahun. Sama seperti Aed yang menganggur. Semua putus asa untuk kehidupan yang lebih baik.

Baca Juga: Radin Inten II Sang Elang dari Lampung, Pejuang Tak Kenal Takut

Dia merindukan protes, kata Abu Marsa. Bahlool mengatakan, Aed selalu yang terkuat dan paling berani, mau dan mampu mengambil dan membawa yang terluka ke tempat yang aman.

Bahlool yakin bahwa Aed sengaja ditargetkan setelah foto itu beredar. (AT/RI-1/P2)

 

Sumber: tulisan Amjad Ayman Yaghi di The Electronic Intifada. Yaghi adalah jurnalis yang tinggal di Gaza.

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Breaking News
Palestina
Palestina
Breaking News
Breaking News