Agar Istri Selamat, Hindari Empat Perilaku Buruk Ini

ilustrasi perceraian dalam rumah tangga (sumber foto: fb nasihat sahabat)

Oleh Ansori, wartawan MINA

Akhir-akhir ini sering terdengar kejadian miris akibat ketidaktaatannya seorang kepada suaminya. Hal ini terjadi entah karena istrinya yang bodoh dalam masalah ilmu agama, kurang bimbingan suami atau bisa jadi karena istri terjebak dalam pergaulan bebas di medsos sehingga nekad membawanya terjerumus dalam kemaksiatan.

Di sinilah pentingnya seorang lelaki muslim memahami pentingnya ilmu agama. Setelah faham ilmu agama, seorang lelaki muslim tentu punya standar khusus dalam mencari pasangan hidup untuk menjadi istrinya. Standarnya tentu saja berilmu dan berakhlak mulia.

Seorang suami penting memiliki istri yang shalehah. Sebab mempunyai istri yang shalehah bisa menjadi jalan membangun keharmonisan rumah tangga. Ketika ia ditinggal suaminya untuk satu keperluan, istri shalehah akan bersabar, menjaga diri dan kemuliaan dari hal-hal yang mengundang fitnah.

Karena itu, Islam sangat menjaga keharmonisan rumah tangga, sebab dengan keutuhan dan harmonisnya rumah tangga, terbentuk pula tatanan kehidupan masyarakat yang stabil, tenteram dan damai. Maka Islam telah mengatur berbagai hak dan kewajiban suami dan istri.

Seorang istri harus memahami betapa berat dan besarnya kewajiban yang dipikul suami dalam memimpin dan membimbingnya, sebanding pula dengan hak suami untuk ditaati istri. Dalam hal ini Rasulullah SAW menggambarkan betapa besarnya hak suami,

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ู„ูŽูˆู’ ูƒูู†ู’ุชู ุขู…ูุฑู‹ุง ุฃูŽุญูŽุฏู‹ุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุณู’ุฌูุฏูŽ ู„ูุฃูŽุญูŽุฏู ู„ูŽุฃูŽู…ูŽุฑู’ุชู ุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุฃูŽุฉูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุณู’ุฌูุฏูŽ ู„ูุฒูŽูˆู’ุฌูู‡ูŽุง

โ€œSeandainya aku boleh memerintahkan seseorang untuk bersujud kepada orang lain, niscaya aku akan memerintahkan istri untuk bersujud kepada suaminya.โ€ย (HR. At-Tirmidzi no. 1159 dari Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu).

Tapi sayang, sebagian istri tega melanggar hak suaminya. Suaminya susah payah mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhannya, malah ia berkhianat di belakang suaminya. Suaminya begitu cinta padanya, tapi ia malah bermain dengan lelaki lain. Karena kebodohan dan syahwatnya yang tak mampu dikendalikan, ia rela mengorbankan keutuhan rumah tangganya dengan mengkhianati suaminya.

Berikut ini beberapa perbuatan istri yang dilaknat oleh malaikat.

Pertama, menolak ajakan suami untuk bercinta. Di antara hak terbesar suami terhadap istrinya adalah bersenang-senang dengannya, agar kebutuhan biologis suami terpenuhi. Jika istri menolak ajakan ini, maka ia tidak menunaikan kewajiban terbesarnya, dan suami tidak terpenuhi kebutuhan biologisnya, sehingga suami sulit untuk menundukkan pandangan dan menjaga kemaluannya, yang akhirnya bisa terjerumus pada perbuatan yang dilarang syariat.

Rasulullah SAW bersabda,

ุฅูุฐูŽุง ุฏูŽุนูŽุง ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุชูŽู‡ู ุฅูู„ูŽู‰ ููุฑูŽุงุดูู‡ู ููŽุฃูŽุจูŽุชู’ ููŽุจูŽุงุชูŽ ุบูŽุถู’ุจูŽุงู†ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ู„ูŽุนูŽู†ูŽุชู’ู‡ูŽุง ุงู„ู’ู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุฉู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูุตู’ุจูุญูŽ

โ€œJika seorang suami mengajak istrinya menuju ranjangnya (untuk berhubungan intim), lalu ia enggan, hingga suaminya bermalam dalam kondisi marah kepadanya, maka ia dilaknat malaikat hingga pagi hari.โ€ย (HR. Bukhari no. 3237, Muslim no. 1436, dan Abu Dawud no. 2141, dari Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu).

Imam An-Nawawi berkata, โ€œHadits ini menjadi dalil atas haramnya menolak ajakan suami ke ranjangnya tanpa udzur (alasan) syarโ€™i. Dan haidh bukanlah udzur dalam bersenang-senang, karena suami memiliki hak bersenang-senang dengan istri di atas kain sarung. Sedangkan makna hadits, `laknat akan terus menyertainya` yaitu hingga hilang kemaksiatan tadi, baik dengan terbitnya fajar dan tidak butuhnya suami terhadap istri (dalam berhubungan intim), atau dengan taubatnya istri dan kembalinya ia ke ranjang suami.โ€ (Syarh Shahih Muslim, 10/7).

Kedua, meminta cerai tanpa alasan syarโ€™i. Perceraian merupakan pintu menuju kehancuran rumah tangga, dengan hancurnya rumah tangga akan rusak pula tatanan masyarakat, anak-anak merekalah yang akan menjadi korban pertamanya.

Islam mencegah sebisa mungkin pintu cerai ini terbuka. Istri yang meminta cerai tanpa ada alasan syarโ€™i, sebenarnya ia ingin merusak keharmonisan rumah tangga dan tatanan masyarakat. Tidak heran, wanita yang berperilaku demikian akan dihukum dengan berat, Rasulullah SAW bersabda,

ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย  ุฃูŽูŠู‘ูู…ูŽุง ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุฉู ุณูŽุฃูŽู„ูŽุชู’ ุฒูŽูˆู’ุฌูŽู‡ูŽุง ุทูŽู„ูŽุงู‚ู‹ุง ูููŠ ุบูŽูŠู’ุฑู ู…ูŽุง ุจูŽุฃู’ุณู ููŽุญูŽุฑูŽุงู…ูŒ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ุฑูŽุงุฆูุญูŽุฉู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู

ย โ€œWanita manapun yang meminta cerai kepada suaminya tanpa ada alasan syarโ€™i, maka haram baginya bau surga.โ€ย (HR. Abu Dawud 2226, At-Tirmidzi 1187, dari Tsauban radhiyallahu โ€˜anhu).

Ketiga, tabarruj. Istri shalehah berdandan hanya untuk suaminya saja, tidak melakukan tabarruj (bersolek atau membuka aurat untuk selain sauaminya). Allah SWT sudah melarang tabarruj dalam firmannya,

ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย  ูˆูŽู‚ูŽุฑู’ู†ูŽ ูููŠ ุจููŠููˆุชููƒูู†ู‘ูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽุจูŽุฑู‘ูŽุฌู’ู†ูŽ ุชูŽุจูŽุฑู‘ูุฌูŽ ุงู„ู’ุฌูŽุงู‡ูู„ููŠู‘ูŽุฉู ุงู„ู’ุฃููˆู„ูŽู‰

โ€œDan hendaklah kamu tetap di rumahmu, dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu.โ€ย (QS. Al-Ahzab: 33).

Wanita yang melakukan tabarruj di hadapan selain mahramnya, atau istri bertabarruj selain untuk suaminya, terancam tidak akan masuk surga, sebagaimana hadits berikut,

ุนูŽู† ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ: ุตูู†ู’ููŽุงู†ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู ู„ูŽู…ู’ ุฃูŽุฑูŽู‡ูู…ูŽุง: ู‚ูŽูˆู’ู…ูŒ ู…ูŽุนูŽู‡ูู…ู’ ุณููŠูŽุงุทูŒ ูƒูŽุฃูŽุฐู’ู†ูŽุงุจู ุงู„ู’ุจูŽู‚ูŽุฑู ูŠูŽุถู’ุฑูุจููˆู†ูŽ ุจูู‡ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูŽุŒ ูˆูŽู†ูุณูŽุงุกูŒ ูƒูŽุงุณููŠูŽุงุชูŒ ุนูŽุงุฑููŠูŽุงุชูŒ ู…ูู…ููŠู„ูŽุงุชูŒ ู…ูŽุงุฆูู„ูŽุงุชูŒ ุฑูุกููˆุณูู‡ูู†ู‘ูŽ ูƒูŽุฃูŽุณู’ู†ูู…ูŽุฉู ุงู„ู’ุจูุฎู’ุชู ุงู„ู’ู…ูŽุงุฆูู„ูŽุฉู ู„ูŽุง ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู’ู†ูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽุฌูุฏู’ู†ูŽ ุฑููŠุญูŽู‡ูŽุง ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุฑููŠุญูŽู‡ูŽุง ู„ูŽูŠููˆุฌูŽุฏู ู…ูู†ู’ ู…ูŽุณููŠุฑูŽุฉู ูƒูŽุฐูŽุง ูˆูŽูƒูŽุฐูŽุง

โ€Dari Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu, bahwa Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam bersabda, โ€œDua golongan dari ahli neraka yang aku belum melihatnya; Suatu kaum yang memiliki cemeti seperti ekor sapi, dengannya mereka mencambuki manusia. Dan para wanita yang berpakaian tetapi telanjang, miring dan berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Mereka tidak masuk surga, dan tidak mendapatkan wanginya, dan sungguh harumnya surga dapat tercium dari jarak sekian dan sekian.โ€ย  (HR. Muslim no. 2128).

Miris, banyak wanita-wanita yang mengaku muslimah di akhir zaman ini lebih senang tampil dan bersolek di depan laki-laki asing dari pada dihadapan suaminya.

Keempat, tidak mensyukuri kebaikan suami. Pengorbanan suami kepada istrinya begitu besar. Karena itu, wajib bagi seorang istri berterimakasih kepada suaminya. Berapapun yang diberikan suami, sejatinya itulah karunia dari Allah yang patut disyukuri seorang istri.

Jika istri mengingkari pemberian suaminya, maka ia akan terancam dengan neraka. Bahkan, hal inilah yang menjadi sebab terbesar kaum wanita (istri) terjerumus ke dalam neraka. Renungkan hadits ini wahai para istri,

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุณูŽุนููŠุฏู ุงู„ุฎูุฏู’ุฑููŠู‘ูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูููŠ ุฃูŽุถู’ุญูŽู‰ ุฃูŽูˆู’ ููุทู’ุฑู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู…ูุตูŽู„ู‘ูŽู‰ุŒ ููŽู…ูŽุฑู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูุณูŽุงุกูุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ูŠูŽุง ู…ูŽุนู’ุดูŽุฑูŽ ุงู„ู†ู‘ูุณูŽุงุกู ุชูŽุตูŽุฏู‘ูŽู‚ู’ู†ูŽ ููŽุฅูู†ู‘ููŠ ุฃูุฑููŠุชููƒูู†ู‘ูŽ ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑูุŒ ููŽู‚ูู„ู’ู†ูŽ: ูˆูŽุจูู…ูŽ ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุชููƒู’ุซูุฑู’ู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽุนู’ู†ูŽุŒ ูˆูŽุชูŽูƒู’ููุฑู’ู†ูŽ ุงู„ุนูŽุดููŠุฑูŽ ….

โ€Dari Abu Saโ€™id Al-Khudri radhiyallahu โ€˜anhu ia berkata, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam keluar ke tempat shalat pada Idul Adha atau Idul Fithri, kemudian beliau melewati para wanita, lalu bersabda, โ€œWahai para wanita, bersedekahlah! Sungguh aku melihat kalian adalah kebanyakan penghuni neraka.โ€ Mereka bertanya, โ€œMengapa wahai Rasulullah?โ€ Beliau menjawab, โ€œKarena kalian banyak melaknat dan mengingkari kebaikan suamiโ€ฆโ€ย (HR. Bukhari no. 304, dari Abu Saโ€™id Al-Khudri radhiyallahu โ€˜anhu).

Semoga beberapa nasehat di atas bisa menjadi bahan renungan bagi setiap wanita muslimah (istri) agar selamat dunia akhirat, wallahuaโ€™lam.(A/RS3/P2)

Miโ€™raj News Agency (MINA)

Referensi:

1. Al-Minhaj Syarh Shahih Muslim, Imam An-Nawawi.
2. Ahkam Nusyuz Az-Zaujah fi Asy-Syariโ€™ah Al-Islamiyyah, Muโ€™tashim Abdurrahman Muhammad Manshur, dll.

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.