Al-Fatah Ciamis Lampung Utara Wisuda Santri, Mayoritas Hafal Al-Quran

Ciamis, Sungkai Utara, MINA – Yayasan Pondok Pesantren Al-Fatah Ciamis, Lampung Utara meyelenggarakan Haflah Akhirussanah (perpisahan) dan Wisuda tingkat MI dan MTs, pada Kamis (20/6).

Acara dilaksanakan di halaman Madrasah Al-Fatah Ciamis, Sungkai Utara, Lampung Utara tersebut bertemakan, “Membentuk Generasi Millenial Qur’ani”.

Mahmud Ghozali, pembina Yayasan Ponpes Al-Fatah Ciamis dalam sambutannya mengatakan, Haflah Akhirussanah telah dilaksanakan untuk yang ke-7 kali, maka sudah tujuh generasi MTs Al-Fatah yang telah diluluskan.

“Dari tujuh generasi ini, telah tercetak generasi-generasi Qur’ani, dan sudah ada 3 Hafidz Qur’an, 8 calon Hafidz sekarang sudah 15 sampai 20 juz. Salah satu alumni MTs yakni Mukhlis Zainurrahman juara tafsir Al-Qur’an yang mewakili kabupaten Pringsewu. Pada 2018 kemarin juara 1 tahfidz 20 juz yang mewakili kabupaten Waykanan. Tahun ini juara 3 tingkat provinsi mewakili Kabupaten Tulang Bawang Barat,” jelasnya.

Menurut Mahmud, Al-Fatah hanya memiliki target tamat MI 1 juz dan tamat MTs 3 juz, tapi alhamdulillah dari 27 siswa MTs Al-Fatah sudah ada delapan santri yang lebih dari 4 juz.

“Walau sekolahnya jelek, fasilitasnya rendah, insya Allah kualitasnya nasional,” lanjutnya.

Kemudian, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag), Kabupaten Lampung Utara, Makmur dalam sambutannya juga mengatakan agar masyarakat menyekolahkan anak di Madrasah agar generasi penerus bangsa ini membawa perubahan.

“Generasi yang dapat membawa perubahan adalah generasi Qur’ani, dan generasi tersebut muncul dari Madrasah. Karena dari madrasah, anak-anak kita diajarkan dengan pedoman Al-Qur’an yaitu mengaji, diajarkan shalat dan diajarkan mengenai Akhlaq,” Katanya.

Turut hadir pada acara tersebut, Pembina Pondok Pesantren Al-Fatah se-Lampung Abdullah Mutholib, S.Pd.I, Sekertaris Camat Sungkai Utara, seluruh wali santri Madrasah Al-Fatah Ciamis.

Tahun ini Madrasah Al-Fatah Ciamis mewisuda 37 santri. 27 santri Tsanawiyah dan 10 santri Ibtidaiyah.

Beberapa hari lalu, Al-Fatah Ciamis mendominasi peringkat hafalan pada wisuda Tahfidz se-Lampung Utara.

Al-Fatah Ciamis merupakan cabang dari Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah yang berpusat di Bogor dengan sejumlah 26 cabang se-Indonesia, dengan pesantren terbesar ada di Muhajirun, Negararatu, Natar Lampung Selatan, tempat Masjid terbesar di Lampung berdiri.(L/hbb/sry/B01/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)