Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Al-Irsyad: Pertumbuhan Rokok disebabkan Lemahnya Regulasi

kurnia - Rabu, 20 September 2017 - 21:19 WIB

Rabu, 20 September 2017 - 21:19 WIB

300 Views ㅤ

Ketua Umum Perhimpunan Al-Irsyad Basyir Syawie

Jakarta, MINA – Ketua Umum Perhimpunan Al-Irsyad Basyir Syawie mengatakan pertumbuhan rokok disebabkan lemahnya regulasi pemerintah. Sehingga produksi rokok di Indonesia dari tahun ke tahun menunjukkan tren peningkatan.

Remaja menjadi salah satu kelompok usia yang juga menyumbang tingginya angka tersebut, ujarnya.

“Kita tahu bersama, begitu memprihatinkan perokok pemula di Indonesia sangat tinggi tentu hal ini bukan tanpa ada sebab. Ada beberapa penyebabnya antara lain pertama banyaknya iklan yang luar biasa di televisi,” tutur Basyir di Media Center, Jakarta, Rabu (20/9)..

Dia juga menilai sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim, Indonesia semestinya bisa menahan laju pertumbuhan rokok yang kian massif digunakan di masyarakat.

Baca Juga: Update Gempa Garut, Ribuan Rumah, Puluhan Tempat Ibadah Rusak

Menurutnya, penyebab terjadinya pertumbuhan perokok disebabkan lemahnya regulasi pemerintah dalam pembatasan penjualan rokok sehingga anak SD pun bisa dengan mudah membeli rokok di warung-warung yang ada.

“Faktor lingkungan sekitar dari para perokok yang dilihat kemudian ditiru oleh mereka dari kebiasaan orang tua atau dewasa bahkan guru yang secara tidak langsung memberikan contoh dan ditonton oleh anak didik,” terang Basyir.

“Pihaknya pernah membuat aturan kawasan yang bebas rokok terutama fasilitas umum terlebih lagi sekolah, maka dampaknya sangat bagus, penurunan yang sangat drastis pada iklan rokok, tidak ada guru yang berani merokok di sekolah,” kata Basyir yang juga mantan Walikota Pekalongan. (R/R03/RS2)

Miraj News Agency (MINA)

Baca Juga: BRIN bersama MAB-UNESCO Indonesia Finalisasi Tinjauan Berkala Tujuh Cagar Biosfer

Rekomendasi untuk Anda

MINA Health
MINA Health
MINA Health
Indonesia
Tausiyah
Indonesia
MINA Preneur
MINA Preneur
MINA Health
MINA Health