Al-Qaedah Konfirmasi Kematian Pemimpinnya di Suriah

Washington, 28 Jumadil Akhir 1437/7 April 2016 (MINA) – Al-Qaedah cabang Afrika Utara telah mengkonfirmasi kematian seorang pemimpin terkemukanya di Suriah, Abu Firas Al-Suri.

Para pejabat Amerika Serikat (AS) sebelumnya mengatakan kepada Reuters, Senin (4/4), AS telah melakukan serangan udara pada Ahad di Suriah yang menewaskan Abu Firas. Dia adalah anggota senior di Dewan Syura Nusra Front yang berafiliasi kepada .

Sebuah pernyataan oleh Al-Qaeda di Maghrib Islam () dipublikasikan secara daring (online) pada Selasa untuk memberi penghargaan kepada Abu Firas, demikian Al-Arabiya memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Seorang juru bicara Pentagon mengatakan, serangan udara AS menargetkan pertemuan tingkat tinggi para pejabat Al-Qaeda di barat laut Suriah yang juga dihadiri oleh Abu Firas.

Sekretaris Pers Pentagon Peter Cook mengatakan, Abu Firas adalah anggota Al-Qaeda warga Suriah yang pernah berjuang di Afghanistan pada akhir 1980-an hingga 1990-an.

Menurut Cook, Abu Firas berjuang bersama Osama bin Laden dan anggota pendiri Al-Qaeda lainnya untuk melatih militan dan melakukan serangan secara global.

Kematian Abu Firas telah dilaporkan oleh lembaga pemantau Observatorium Suriah untuk HAM yang berbasis di Inggris. Lembaga mengatakan, anaknya dan setidaknya 20 militan lainnya juga tewas dalam serangan Ahad di Provinsi Idlib. (T/P001/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.