Dokter Australia Dibebaskan Al Qaeda Setelah 7 Tahun Ditawan

Jocelyn Elliott kembali dengan aman bersama keluarganya. (Kredit foto: Facebook/Djibo soutient Dr. Ken Elliot)

Canberra, MINA – Seorang yang disekap oleh Al Qaeda selama lebih dari tujuh tahun di Afrika Barat telah dibebaskan, kata pemerintah Australia, Jumat (19/5/2023).

Dr Kenneth Elliott (88) aman dan sehat. Dia dipersatukan kembali dengan istrinya, Jocelyn, dan anak-anak mereka, kata Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong. The New Arab melaporkan.

Pasangan itu ditangkap pada Januari 2016 dari Djibo, dekat perbatasan Burkina Faso dengan Mali, tempat mereka mengoperasikan klinik dengan 120 tempat tidur selama lebih dari 40 tahun.

Jocelyn Elliott dibebaskan setelah tiga pekan penangkapan. Al Qaeda di Maghreb Islam kemudian mengatakan telah menculik pasangan tersebut dan akan membebaskan wanita tersebut tanpa syarat karena tekanan publik dan petunjuk dari para pemimpin untuk tidak melibatkan wanita dalam perang.

Baca Juga:  Misi Dagang UEA di Indonesia Gali Potensi Peningkatan Perdagangan Non-Minyak

“Pada usia 88 tahun dan setelah bertahun-tahun jauh dari rumah, Dr Elliott sekarang membutuhkan waktu dan privasi untuk beristirahat dan membangun kembali kekuatan. Kami berterima kasih atas pengertian dan simpati Anda,” kata keluarganya dalam sebuah pernyataan. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.