Al-Sisi Menang Lagi Sebagai Presiden Mesir dengan 92 persen Suara

Poster besar Presiden Mesir Abdel Fattah Al Sisi terpampang di pinggir jalan raya Kairo. (AP Photo/Amr Nabil)

Kairo, MINA – Presiden Mesir telah terpilih kembali untuk masa jabatan kedua dengan 92 persen suara, media pemerintah melaporkan pada Kamis (29/3) menurut hasil perhitungan awal.

Sekitar 23 juta dari 60 juta pemilih terdaftar muncul selama tiga hari pemungutan suara yang berakhir Rabu, surat kabar milik negara Al-Ahram dan Akhbar el-Youm, serta kantor berita resmi MENA melaporkan.

Dalam pemilihan presiden kali ini, Al-Sisi melawan seorang politisi  kurang dikenal, sedangkan penantang-penantang potensial telah lebih berguguran atau digugurkan, demikian Nahar Net melaporkan.

Pemimpin petahana Sisi ditantang oleh Moussa Mustafa Moussa yang mendaftar dalam pemilihan di menit-menit terakhir sebagai satu-satunya penantang presiden berkuasa.

Pendaftaran Moussa dinilai sebagai cara untuk menyelamatkan pemerintah yang memalukan dengan pemilu satu kandidat saja, setelah beberapa calon dipaksa mundur dari pencalonan atau ditangkap.

Sejak awal, Presiden Al-Sisi dijamin akan memenangkan masa jabatan empat tahun kedua.

Namun dalam wawancara yang disiarkan di televisi Mesir pekan lalu, Sisi mengatakan kurangnya lawan bukanlah perbuatannya.

“Saya bersumpah kepada Tuhan, saya berharap ada satu, dua, tiga, sepuluh (kandidat) berdiri melawan saya dari orang-orang terbaik, dan Anda dapat memilih yang Anda inginkan dari kami. Tapi kami masih belum siap,” kata Sisi. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.